Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa bersama Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Aris Setiawan dan Jajaran Forkopimda serta kelompok tani menanam bibit jagung bersama.

Bongkah.id – Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa bersama Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Aris Setiawan dan Jajaran Forkopimda melakukan penanaman bibit jagung. Kegiatan yang melibatkan para kelompok tani desa sekitar, sebagai wujud sinergi antara Pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Penanaman bibit jagung oleh Forkopimda Kabupaten Kediri merupakan bagian dari Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023. Gerakan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dalam rangkaian HUT ke 78 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

ads

Lahan persawahan Desa Brenggolo Kecamatan Plosoklaten menjadi titik lokasi acara yang bertema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju”. Sebelum penanaman bibit jagung, Forkopimda Kabupaten Kediri mendengarkan arahan melalui video conference  oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, Panglima TNI dan Kapolri, Rabu, (1/11/2023).

Dandim 0809/Kediri Letkol Aris Setiawan SH mengatakan, kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-78 TNI, dimana dihari puncak HUT TNI ini Bapak Panglima TNI mencanangkan kegiatan ketahanan pangan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah-daerah di Indonesia dengan tujuannya mewujudkan ketahanan pangan.

“Hari ini kita menanam benih jagung, karena di Kabupaten Kediri jagung merupakan salah satu komoditas unggulan,” jelas Letkol Aris.

Terkait adanya isu kelangkaan pupuk, Dandim 0809/Kediri mengatakan tentunya TNI akan berkordinasi dengan instansi terkait dengan para pengusaha pupuk agar kelangkaan kelangkaan pupuk di wilayah Kediri tidak terjadi.

Ditemui usai acara, Wakil Bupati Kediri Mariya Ulfa menjelaskan, untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional, Pemerintah Daerah akan selalu bersinergi baik itu dengan aparat TNI, Polri dan masyarakat.

Mbak Dewi melanjutkan, pada kegiatan hari ini kenapa kita memilih jagung. Sebab jagung termasuk komoditas unggulan selain beras dan cabe.

Jagung banyak diminati oleh petani kita karena banyak dicari dan harga jagung sangat stabil. Sebanyak 80% masyarakat di Kabupaten Kediri adalah bekerja pada sektor pertanian harapannya kesejahteraan petani dan masyarakat dapat meningkat.

“Kita konsen membantu petani termasuk mencegah kelangkaan pupuk untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat Kediri”, terangnya.

“Menyikapi meningkatnya harga beras di pasaran, pemerintah Kabupaten Kediri telah membentuk tim satgas yang telah terjun kelapangan untuk melaksanakan operasi pasa dan hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat”, pungkas Dewi. (ani)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini