STATUS perusahaan pelayaran logistik berbasis teknologi sejak 2017, merangsang PT SPIL untuk terus berinovasi untuk memanjakan konsumen. Salah satunya dengan menggandeng Unilever Indonesia untuk bersama mengembangkan API connection.

bongkah.id – Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi, modal utama perusahaan layanan logistik memanjakan pelanggan. Fakta itu disadari oleh perusahaan pelayaran logistik PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) dan PT Unilever Indonesia Tbk. Kesadaran itu mereka ujudkan dalam kerjasama. Berkomitmen melakukan application programming interface (API) connection. Menghubungkan sistem layanan yang dimiliki.

“Tujuan utamanya mendapatkan manfaat saling menguntungkan. Yang mampu meningkatkan efisiensi pengiriman barang,” kata Logistics Digital Lead Unilever Indonesia Joko Purnomo dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Selasa (25/8/2020) malam.

API connection, menurut dia, suatu langkah penting untuk memastikan kecepatan dan akurasi informasi. Yang dibutuhkan perusahaan dalam melihat status pengiriman dengan jasa PT SPIL.

“API connection menghubungkan platform monitoring kami. Yaitu DIGILOG dengan platform PT SPIL. Yaitu SPILDex. Melalui koneksi ini, kami akan mendapatkan akurasi data. Dengan real time update terkait ATD, ATA, ATB, FXD, dan empty return,”  ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga dapat melihat secara langsung posisi serta penampakan terhadap perhitungan penyimpanan dan demurrage (batas waktu pemakaian peti kemas di dalam pelabuhan). Semua itu sebagai bagian dari total biaya tidak terencana.

“Dengan penambahan fitur ini, operasional pengiriman menjadi lebih efisien,” tambahnya.

Sebagai informasi, PT SPIL sejak 2017 telah menjadi perusahaan pelayaran logistik berbasis teknologi. Mempelopori digitalisasi di industri pelayaran lokal. Meluncurkan aplikasi mySPIL. Saat ini aplikasi tersebut telah menjadi platform utama bagi pelanggan. Aplikasi untuk melakukan operasi transaksi.

Secara agresif, perusahaan pelayaran logistik dengan 40 cabang lebih yang tersebar di Indonesia itu, terus melakukan inovasi digital platform logistik. Salah satunya melalui produk SPILDex. Layanan khusus segmen korporasi. Produk ini memanjakan mitra mendapatkan informasi lebih cepat dan akurat. Sesuai yang dibutuhkan.

“Kami terbuka dan siap bekerja sama dengan perusahaan lain yang tertarik pada supply chain visibility dengan penggunaan SPILDex. Dukungan tim IT dan Development yang handal, digital logistik platform ini mempermudah proses pengiriman untuk kedua belah pihak,” kata Senior Strategic Development & Implementation PT SPIL Suriadi Taslim saat dikonfirmasi. (ima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here