Mendikbud Nadiem Makarim menemui Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan berfoto selfie saat isu reshuffle kabinet menguat menyebut dirinya akan terdepak dari kursi menteri, Selasa (20/4/2021).

Bongkah.id – Di tengah derasnya isu reshuffle kabinet, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim melakukan safari yang tak biasa. Mantan bos Go-Jek itu menyambangi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, bahkan sempat berfoto selfie bersama, Selasa (20/4/2021).

Nadiem merupakan salah satu menteri yang disebut-sebut bakal tergeser dari jabatannya dalam perombakan kabinat kali ini. Pertemuannya dengan Megawati memunculkan spekulasi upaya lobi politik Nadiem untuk bertahan di kursi menterinya.

Unggahan foto selfi Nadiem bersama Megawati di akun instagram @nadiemmakarim, menabur kesan hubungan akrabnya dengan sang ketua umum partai penguasa. Pada caption foto, Mendikbud menyampaikan tujuannya menemui Megawati selaku

“Ngobrol dua jam sama Bu Mega, diskusi strategi mempercepat Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila. Saya banyak belajar dari pengalaman beliau,” tulis Nadiem di akun @nadiemmakarim, Selasa (20/4/2021).

Nadiem Makarim merupakan salah satu menteri yang banyak diprediksi pengamat akan kena reshuffle. Hal ini seiring rencana peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

“Bisa saja beliau dirotasi. Dengan latar belakang beliau di Gojek, cocok menjadi Menteri UKM. Dia bisa mengembangkan digitalisasi UMKM, menaikkan kelas UMKM seperti keinginan Presiden Jokowi,” ujar Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo dalam diskusi daring, Jumat (16/4/2021) lalu.

Rencana perubahan nomenklatur  dengan melebur Kemenristek Dikti dan Kemendikbud itu telah disetujui DPR. Rancangan itu kemudian melahirkan isu reshuffle kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Namun, sampai saat ini Istana Kepresidenan belum mengonfirmasi kemungkinan adanya reshuffle besar-besaran seiring rencana pembentukan nomenklatur baru tersebut. Istana juga memastikan perombakan menteri tidak akan dilakukan Rabu besok.

“Enggak ada. Presiden Jokowi besok kunjungan kerja ke Jawa Barat,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa (20/4/2021).

Informasi terbaru yang beredar menyebutkan, ada enam menteri yang sedang dikaji untuk di-reshuffle. Selain itu, ada satu kepala badan yang sedang dipertimbangkan Jokowi untuk diganti.

Enam posisi menteri tersebut termasuk posisi puncak di Kemendikbud-Ristek dan Kementerian Investasi. Namun soal nama-nama yang dipertimbangkan untuk diganti masih samar.

Soal kandidat menteri baru, sejauh ini ada dua orang yang secara terbuka mengakui dipanggil Istana di tengah isu reshuffle, yaitu anggota DPR Fraksi NasDem Rapsel Ali dan tokoh muda NU Witjaksono. Keduanya dikabarkan menjadi kandidat Menteri Investasi.

Namun sebenarnya tak hanya dua orang itu kandidatnya. Ada satu nama lagi yang kabarnya sudah dipanggil Jokowi sebagai kandidat calon Menteri Investasi.

Selain itu, ada juga menteri yang bakal di-reshuffle berinisial M seperti yang diungkapkan sepett elite PKB Lukman Hakim. Dari bocoran Lukman Haim itu, dapat diprediksi saat ini ada empat anggota kabinet yang inisialnya M.

Mereka yakni Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Spekulasi lain yang muncul seiring isu reshuffle ini adalah masuknya PAN ke dalam gerbong koalisi. Isu ini sejalan dengan informasi inisial anggota kabinet yang akan di-reshuffle.

PAN disebut akan mengisi pos Menko PMK atau Menteri Perhubungan (Menhub). Menko PMK kini dijabat Muhadjir Effendy, sedangkan Menhub diemban Budi Karya Sumadi. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here