Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan ruas jalan tol menyambut arus mudik lebaran 2022.

Bongkah.id – Aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jawa Timur tidak diperbolehkan memakai kendaraan dinas untuk perjalanan mudik Lebaran 2022. Sementara layanan mudik gratis yang biasanya diselenggarakan pemprov untuk tahun ini hampir dipastikan tidak ada.

Larangan memakai kendaraan dinas untuk mudik ditegaskan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sebab, mudik lebaran adalah urusan pribadi sehingga tidak sesuai aturan.

ads

“Mudik kan urusan pribadi. Pemprov Jatim tidak izinkan mobil dinas untuk mudik.,” kata Khofifah di Surabaya, Jumat (15/4/2022).

Selain itu, ia mengimbau bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi COVID-19 agar segera menuntaskan. Sebab, vaksin menjadi salah satu syarat untuk mudik.

“Tentu, diharapkan semua sudah bisa terkonfirmasi dari daerah di mana mereka berada,” ujarnya.

Khofifah memastikan bahwa pemerintah melakukan upaya maksimal untuk mendukung kelancaran mudik lebaran tahun 2022. Salah satu bentuknya adalah memastikan bahwa kondisi jalan-jalan provinsi maupun jembatan dalam kondisi baik, dan bisa mendukung penyiapan dan perwujudan mudik yang aman, sehat, selamat, tertib dan lancar.

“Berdasarkan data yang ada, ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Jatim panjangnya mencapai 1.421 kilometer dan panjang jembatan 10.870 meter. Dari panjangnya jalan itu, kemantapan jalan provinsi mencapai 89,61%,” paparnya.

Baca: Mudik Lebaran, Waspadai Titik Rawan Bencana di Jawa Timur Ini

Sementara tekait mudik gratis, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim Nyono, belum bisa memastikannya. Sebab, Pemprov Jatim tidak mengalokasikan anggarannya, meskipun program tersebut selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

“Namun, pada penyusunan APBD 2022 di akhir tahun lalu, kami belum berani mengalokasikan,’’ ucapnya.

Pemprov Jatim tidak memperkirakan apabila pemerintah pusat memperbolehkan masyarakat mudik Lebaran tahun ini. Meski tidak ada alokasi anggarannya, Dishub tetap mengupayakan ada mudik gratis.

’’Kami sudah berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan swasta terkait dengan kemungkinan pelaksanaan kegiatan ini,” tandasnya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini