Ahmad Basori saat melakukan perawatan bunga Anggrek miliknya

Bongkah.id – Pembudi daya tanaman hias di Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur sukses meraup cuan hingga puluhan juta dari hasil budidaya bunga anggrek. Padahal awalnya budidaya itu hanya sekedar hobi.

Pembudi daya anggrek itu adalah Ahmad Basori (37). Pria yang kerap di sapa Ahmad itu kini telah mengelola green house dengan koleksi bunga anggrek dan juga jenis tanaman lainnya.

“Ide awal membudidayakan bunga anggrek ini berawal dari hobi. Kemudian saya mengembangkan di lahan seluas kurang lebih 200 meter persegi ini,” ujarnya pada Sabtu (14/1/2023).

Ahmad menjelaskan membudidayakan anggrek harus membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Adapun jenis tanaman yang dibudidayakan antara lain anggrek dendrobium, vanda, cattleya, dan bulan.

Sedangkan untuk harga, terang Ahmad, ia mematok tarif mulai Rp 20 ribu hingga jutaan. Bahkan anggrek-anggrek milik Ahmad telah terdistribusi ke sejumlah kota di Indonesia seperti Mojokerto, Malang, kota Batu, Madiun serta Semarang.

“Bunga anggrek hasil budidaya ini saya kirim ke sejumlah penjual bunga di sejumlah kota di Indonesia. Untuk keuntungan per bulan bisa mencapai jutaan rupiah,” beber Ahmad.

Syaiful Arif, salah satu pembeli mengaku dirinya rela datang ke green house milik Ahmad karena memang menyukai anggrek sejak dulu. Menurutnya, selain cantik, bunga anggrek sangat cocok ditaruh di halaman bahkan dalam rumah.

“Bunga anggrek ini menarik kalau dipandang serta tidak menimbulkan kerontokan daun sehingga saya menyukainya dari dulu sampai sekarang tidak ada bosan-bosannya,” pungkasnya. (ima)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here