SEKITAR 348 Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) Polri mengalami mutasi. Keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1129/VI/KEP/2021 tertanggal 1 Juni 2021, yang ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri.

bongkah.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1129/VI/KEP/2021. Dalam surat tertanggal 1 Juni 2021 yang ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan itu, sekitar 348 Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) mengalami mutasi.

“Mutasi yang tertuang dalam Telegram Kapolri itu hanya penyegaran biasa struktur organisasi di institusi Polri. Mutasi rutin tahunan terkait adanya pesonil yang memasuki masa purna tugas. Sehingga mutasi harus terjadi, sehingga sistem organisasi terus berjalan sebagaimana struktur yang ada,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di ruang kerjanya, Mabes Polri Jl. Trunojoyo, Jakarta Pusat, Selasa (1/6/2021)

ads

Menurut Argo, personel yang dapat mutasi dimulai dari perwira tinggi berpangkat Irjen hingga perwira menengah berpangkat AKBP. Rotasi jabatan tersebut dimulai dari personel di tingkat Polres, Polda hingga Mabes Polri. Nantinya, mereka masing-masing akan mendapatkan tugas dan jabatan baru.

Salah satu pejabat yang dimutasi Kapolri Jenderal Sigit adalah Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudusy. Perwira Polri kelahiran Solo tahun 1975 itu diangkat sebagai Kabid Humas Polda Jawa Tengah.

Kemudian merotasi beberapa jabatan yang diantaranya Koorsahli Kapolri yang dulu dipimpin oleh Irjen Pol Martuani Sormin, digantikan Irjen Pol Teguh Sarwono yang sebelumnya sebagai Kapolda Bengkulu. Irjen Martuani Sormin dimutasikan sebagai Pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun. Jabatan Kapolda Bengkulu yang ditinggalkan Teguh Sarwono diisi Brigjen Pol Guntur Setyanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapuslitbang Polri.

Selanjutnya jabatan Wakapolda NTB Brigjen Pol Asby Mahyuza digantikan Brigjen Pol Ruslan Aspan yang sebelumnya menjabat Karojianbang Lemdiklat Polri. Sementara, Asby dimutasi sebagai Karotekkom Divisi TIK Polri.

Beberapa pergantian juga terjadi di beberapa jabatan Kapolres. Di antaranya Kapolres Bandara yang dijabat AKBP Adi Ferdian Saputra, berpindah ke AKBP Edwin Hatorangan Hariandja. Sementara Adi Ferdian Saputra dipromosikan menjabat Kabidkum Polda Metro Jaya.

Kapolres Klaten yang sebelumnya dijabat AKBP Edy Suranta Sitepu digantikan AKBP Eko Prasetyo, yang sebelumnya menjabat Kapolres Kediri. Edy Suranta Sitepu diangkat menjadi Wadireskrimsus Polda Metro Jaya. Untuk posisi Kapolres Kediri akan diduduki AKBP Wahyudi.

Pada kesempatan berbeda, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko di ruang kerjanya, Mapolda Jatim, Jl. Ahmad Yani, Surabaya, mengatakan, mutasi di Polda Jatim sangat beragam. Ada perwira yang di mutasi ke Mabes Polri dan Polda lain. Namun adapula yang mutasi jabatannya tetap di wilayah Polda Jatim.

Perwira Polri yang mengalami mutasi sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1129/VI/KEP/2021 itu, adalah Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifuddin yang dipromosikan sebagai Kabag Produk Kreatif Romulmed Divhumas Polri. Posisi Kapolresta Banyuwangi akan dijabat AKBP Nasrun Pasaribu, yang sebelumnya menjabat Wadir Reskrimum Polda Jatim.

Selanjutnya, Koorspripim Kapolda Jatim AKBP Wahyudi dipromosikan sebagai Kapolres Kediri Kota. Ia menggantikan AKBP Eko Prasetyo yang menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Klaten Polda Jateng. Kasubbag Lekdikbangum Bagledik Rodalpers SSDM Polri AKBP Adewira Negara Siregar menduduki jabatan baru sebagai Kabid TIK Polda Jatim. Menggantikan Kombes Puji Riyanto yang memasuki masa purnatugas.

Sedangkan Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan dipromosikan sebagai Waka Polresta Bogor Kota. Jabatan yang ditinggalkan akan diisi AKBP Teuku Arsya Khadafi, yang sebelumnya menjabat Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat Polda Metro Jaya. Sementara Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono dipromosikan sebagai Kasubbag Lekdikkangum Bagledik Rodalpers SSDM Polri. Posisi Kapolres Tuban digantikan AKBP Darman, yang sebelumnya menjabat Kapolres Sumenep. Untuk jabatan Kapolres Sumenep dipercayakan pada AKBP Rahman Wijaya, yang sebelumnya Kasubdit III Ditreskrimsus Polda Jatim.

Promosi juga dirasakan Kombes Leonardus Simarmata Permata. Pejabat Kapolresta Malang Kota itu dimutasi sebagai Pemeriksa Utama Puslabfor Bareskrim Polri. Posisi Kapolresta Malang Kota akan dijabat AKBP Budi Hedrmanto, yang sebelumnya menjabat Wadir Reskrimsus Polda Kalsel.

Kombes Sumardji yang sebelumnya menjabat Kapolresta Sidoarjo Kombes dimutasi sebagai Dirlantas Polda Bengkulu. Jabatan Kapolresta Sidoarjo akan digantikan AKBP Kusumo Wahyu Bintoro, yang sebelumnya menjabat Waka Polresta Banyuwangi. Jabatan Waka Polresta Banyuwangi yang ditinggalkan Kusumo Wahyu dipercayakan pada AKBP Didik Hariyanto, yang sebelumnya Kapolres Bangkalan. Posisi Kapolres Bangkalan akan diisi AKBP Alith Alarino, yang sebelumnya Pamen Bareskrim Polri.

Mutasi di wilayah Polda Jatim dirasakan Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan. Ia menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Mojokerto Kota. Menggantikan AKBP Deddy Supriadi yang mengemban tugas baru sebagai Waka Polres Metro Polda Metro Jaya. Posisi Kapolres Pasuruan akan diisi AKBP Erick Frendriz, yang sebelumnya menjabat Kapolres Bondowoso. Posisi yang ditinggalkan Erick Frendriz akan digantikan AKBP Herman Priyanto, yang sebelumnya menjabat Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya.

Sedangkan Kapolres Malang AKBP Hendri Umar dimutasi ke Pamen Divkum Polri. Jabatan Kapolres Malang akan digantikan AKBP R Bagoes Wibisono Handoyo. Posisi Kapolres Madiun yang ditinggalkan Bagoes Wibisono akan digantikan AKBP Yuri Leonard Siahaan, yang sebelumnya menjabat Kapolres Grobokan Polda Jateng.

Promosi jabatan sebagai Kasubbag Opsnal Dittipid Siber Bareskrim Polri dirasakan AKBP Doni Satri. Posisi Kapolres Trenggalek yang ditinggalkan Doni Satri akan diemban AKBP Dwiasi Wiyat Putera, yang sebelumnya menjabat Kasubdit II Ditreskrimum Polda Metro Jaya. (bid-03, bid-02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini