Petugas saat melakukan simulasi pemilu di GOR Merdeka Jombang.

Bongkah.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menyewa dua gudang milik Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) setempat. Dua gedung itu disiapkan untuk menyimpan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang rencananya akan tiba di daerah pada Minggu (3/11/2023).

Dua gudang Bulog yang disewa KPU berada di kawasan pergudangan Tunggorono, Jombang. Masing-masing bangunan memiliki 1442 meter persegi.

ads

“Kemarin kita sedang proses sewa gudang BULOG, Tunggorono. Proses sewa itu difasilitasi oleh KPU Provinsi. Kalau proses penyewaan sudah selesai, akan segera kita gunakan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi saat dikonfirmasi Minggu, (29/10/2023).

Pria yang akrab disapa Burhan itu menjelaskan, gudang tesebut akan mampu menampung semua logistik pemilu. Mulai dari pengiriman tahap satu 3 November nanti dan tahap dua kira-kira Bulan Januari mendatang.

Pada pengiriman tahap satu KPU Jombang akan menerima logistik seperti kotak suara, bilik suara, segel, tinta dan segel. “Soal proses serah terima nanti ada petunjuk teknis (juknis) dengan pengelolaan logistik,” sebutnya.

Total kotak suara yang tiba di Jombang nanti sebanyak kurang lebih 19.332 buah. Dimana masing-masing TPS kebagian 5 kotak dan 2 di setiap kantor kecamatan untuk cadangan.

Diketahui, terdapat 3.858 TPS yang tersebar di seluruh Kabupaten Jombang.

“Kotak suara presiden dan wakil presiden, kotak pemilu anggota DPR, kotak suara anggota DPD, kotak suara pemilih anggota DPRD Provinsi dan kotak suara pemilih anggota DPRD kabupaten. Ditambah 2 buah per kecamatan sebagai cadangan,” bebernya.

“Sementara untuk bilik suara sebanyak 15.432 buah, setiap TPS dapa 4 bilik,” imbuh Burhan. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini