Haksaf Mardon, pembudidaya tanaman buah-buahan asal Dusun Ngoro Tengah, Desa/Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menunjukkan cara membudidayakan tanaman Jambu Madu Deli.

Media Tanam

Selain pembibitan, pembuatan media tanam juga perlu diperhatikan, bahan yang perlu disiapkan yaitu pot, tanah dan juga pupuk kandang. “Kita lebih memilih pot sebab kadar air yang akan diserap bisa maksimal, berbeda jika kita tanam langsung di tanah,” katanya dia.

ads

Caranya, campurkan tanah dengan pupuk kandang, perbandingannya yaitu 1:1 kemudian ratakan dan masukkan media kedalam pot yang telah dilubangi kecil-kecil. “Penempatan pot kita buatkan cor agar akar tidak bisa merambat ke tanah,” jelasnya.

Baca: Konsumen Rela Antri, Pembudidaya Jambu Air Madu Deli di Jombang Untung Besar

Pemupukan dan Pengendalian Hama

Kebutuhan unsur hara tanaman pada jambu madu deli harus selalu terpenuhi untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. “Pemupukan organik kita lakukan setiap satu minggu sekali menggunakan pupuk kandang agar buahnya lebih banyak,” ungkapnya.

Sementara untuk mencegah atau mengendalikan hama dan penyakit pada jambu deli ia menggunakan pestisida yang sesuai dengan takaran. “Namun jambu deli ini sangat tahan terhadap hama, tapi kita harus selalu mengantisipasi,” katanya.

1
2
3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini