MacKenzie Scott dan mantan suaminya, Jeff Bezos, pemilik Amazon yang tercatat sebagai orang terkaya di dunia.

Bongkah.id – Pandemi COVID-19 tidak membuat para konglomerat dunia tertekan. Sebaliknya, MacKenzie Scott, mantan istri Jeff Bezos, malah menyumbangkan Rp 59 triliun atau USD 4,2 miliar (kurs Rp 14.200) kekayaannya  untuk membantu masyarakat terdampak wabah corona di Amerika Serikat.

Harta Rp 59 triliun itu disumbangkan melalui 384 organisasi dalam waktu 4 bulan. Jumlah sedekah yang melimpah tak lepas dari melonjaknya harga saham Amazon selama pandemi COVID-19. Lonjakan itu tentu turut mendongkrak kekayaan MacKenzie Scott.

ads

“Pandemi ini menjadi bola perusak untuk kehidupan masyarakat Amerika yang sudah berjuang,” tulis MacKenzie Scott dalam postingan di Medium.

MacKenzie masuk jajaran crazy rich wanita setelah bercerai dari orang terkaya dunia pemilik Amazon, Jeff Bezos, tahun 2019 lalu. Dari perceraiannya,  MacKenzie  berhak atas seperempat atau 25% saham perusahaan milik mantan suaminya.

Mengutip Bloomberg, kekayaan Scott telah naik dari yang awalnya USD 23,6 miliar atau sekitar Rp 335 triliun menjadi USD 60,7 miliar atau sekitar Rp 861 triliun pada tahun ini (kurs Rp 14.200).

MacKenzie memilih 384 organisasi ini setelah mempertimbangan hampir 6.500 organisasi yang ada. Donasi ini ditujukan kepada organisasi yang berfokus dalam isu masyarakat yang kurang memenuhi kebutuhan dasarnya, tingkat ketidaksetaraan rasial yang tinggi, tingkat kemiskinan tinggi, dan rendahnya akses untuk mendapatkan bantuan dari orang lain.

“Kerugian ekonomi dan kesehatan memberikan dampak yang buruk bagi perempuan, orang kulit berwarna, dan orang yang hidup dalam kemiskinan. Sementara itu, secara substansial meningkatkan kekayaan para miliarder,” ujarnya seperti dikutip dari Bloomberg.

Sebelum menyumbangkan harta kepada 384 organisasi, MacKenzie pada bulan Juli lalu telah menggelontorkan amal sebesar USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 24 triliun. Donasi ini ia berikan untuk 116 badan amal dalam memerangi virus Corona.

Jika ditotal, dana yang telah ia keluarkan untuk bersedekah sebesar USD 5,9 miliar atau sekitar Rp 83 triliun (kurs Rp 14.200).

Setelah mendapatkan seperempat saham Amazon, MacKenzie  memang berkomitmen kepada Giving Pledge untuk memberikan sebagian besar kekayaan yang dimilikinya. Itu merupakan program dalam mendorong para miliarder di dunia untuk menyumbangkan sebagian harta kekayaan untuk kegiatan amal. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini