Grafis kemenangan Partai Demokrat dan PDIP pada Pilkada Serentak 2020 di Jatim.

Bongkah.id – Partai Demokrat mengungguli PDI Perjuangan dalam jumlah kemenangan pasangan calon yang diusung kedua partai pada Pilkada serentak 2020 di Jawa Timur. Kendati, kedua partai gagal mencapai target yang ditetapkan.

Partai Demokrat sukses memenangkan 12 pasangan calon kepala daerah dari 19 pilkada yang digelar di Jatim. Sebelumnya, partai pemenang Pemilu 2014 mematok 14 kemenangan di provinsi ini.

Sementara PDIP, malah Cuma meraih 11 kemenangan. Target partai pemenang Pemilu 2019 itu adalah memenangkan 13 paslon di Jatim.

Keunggulan para kandidat dari kedua partai sudah terlihat dari hasil penghitungan sementara di Sistem Rekapitulasi KPU (Sirekap). Kendati hasil resmi masih dalam proses penghitungan manual di tingkat kabupaten/kota pada Rabu (16/12/2020).

Meski gagal mencapai target, kedua partai tetap gembira menyambut hasil perjuangan mereka di Pilkada 2020 ini. Pasalnya, seluruh komponen mesin politik PD sudah berjuang keras bahu membahu untuk memenangkan paslon yang dijagokan partainya.

“Ini capaian yang positif. Kader dan pengurus bekerja luar biasa,” ujar Sekertaris DPD Partai Demokrat Jatim, Bayu Airlangga, Selasa (15/12/20).

Ketua Komisi A DPRD Jatim ini meminta seluruh kader PD untuk terus mengawal suara kemenangan sampai tingkat KPU. “Kemenangan ini harus terus dikawal, karena keputusan akhir tetap di KPU,” tandasnya.

Bendahara DPD Partai Demokrat Sri Subianti, turut memberikan apresiasi pada kinerja Anggota Fraksi Demokrat DPRD Jatim. Seluruh anggota Fraksi berkerjasama memenangkan calon di daerah pemilihannya yang menyelenggarakan pilkada.

“Secara umum kita sudah berjalan sesuai harapan. Saya menilai teman-teman anggota telah bekerja keras mengamankan rekomendasi partai,” ujarnya Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim ini.

Adapun 12 kemenangan yang diraih Partai Demokrat yakni di Pilkada Kabupaten Situbondo, Jember, Malang, Kediri dan Kota Blitar. Kemudian Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Gresik, Lamongan, Ngawi, Mojokerto serta Tuban.

Kemenangan partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono di beberapa daerah justru membawa kekalahan bagi PDIP. Antara lain, di Kabupaten Mojokerto dan Tuban.

Namun Ketua BP Pemilu PDIP Jatim, Deni Wicaksono menepis raihan partainya di Pilkada Jatim kalah dari Demokrat. Karena menurutnya, meski gagal memenuhi target, hasil yang dicapai PDIP kali ini memiliki nilai lebih dibanding parpol binaan Susilo Bambang Yudhoyono.

“Jadi dengan kemenangan di 11 daerah sekarang, PDIP menempatkan kadernya, baik itu cakada atau cawakada dari DPC, struktural, ataupun kader sebagai pemenang,” kata Deni.

Dari 19 pilkada serentak di Jatim, PDIP merebut 11 daerah. Yakni Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Sumenep, Ponorogo, Ngawi, Kediri, Banyuwangi, Malang, Situbondo, Trenggalek dan Kota Blitar. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here