Tim ekskavasi menggunakan alat berat untuk membershkan limbah B3 di area situs Mbah Blawu, Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (14/11/2023).

Bongkah.id – BPK Wilayah XI Jawa Timur memulai ekskavasi tahap ke-III situs Mbah Blawu di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa, (14/11/2023). Pada hari pertama penggalian, tim membersihkan tumpukan limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) di area sekitar situs.

Pantauan di lokasi, limbah B3 berupa slug aluminium yang sudah mengeras dan menumpuk tampak mengelilingi bangunan situs Mbah Blawu. Limbah itu dibuang dengan bungkusan karung.

ads

Albertus Agung Vidi Susanto Pamong Budaya Ahli Pertama BPK Wilayah XI Jawa Timur mengatakan, agar ekskavasi tahap tiga berjalan dengan lancar. Pihaknya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melakukan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang untuk membersihkan limbah B3 yang mengelilingi situs.

“Kali ini kita juga kerjasama dengan DLH melalui Disdikbud Jombang, karena di area ini sekitar tujuh tahun yang lalu ada pembuangan limbah, jadi agar tidak di sini lagi,” ujarnya. Selasa (14/11/2023).

Kemudian, lanjut Vidi, proses penggalian akan dilakukan Rabu (15/11/2023) hingga sepuluh hari kedepan.

Baca: Tim Ekskavasi Situs Watu Kucur Tahap II Temukan Pondasi Tangga dan Pagar

“Yang jelas ekskavasi ini kita upayakan tetap melihat pada potensi arkeologi apa saja yang belum kita temukan, nantinya akan menjadi interpretasi bagi keberadaan situs ini,” jelasnya.

Meski telah di ekskavasi dua kali, keberadaan situs Mbah Blawu hingga kini masih menyimpan banyak misteri. Dijelaskan Vidi, dari hasil eskavasi sebelumnya, diduga situs Mbah Blawu merupakan sebuah Mandala bagi masyarakat masa lalu di abad ke 10.

“Belum diketahui indikasi dasar, kita masih melihat dugaan lain dari indikator lain oleh sebab itu kita perlu melakukan ekskavasi lagi. Sebab situs Mbah Blawu masih banyak misteri,” pungkas Vidi. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini