Anak-anak meluapkan kebahagiaan. (ilustrasi)

Bongkah.id – Indeks kebahagiaan masyarakat Jawa Timur berada di titik rendah. Padahal Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terdiri dari tingkat kesehatan, pendidikan, dan ekonomi tercatat paling tinggi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat data Publikasi Indeks Kebahagiaan 2021 provinsi di Pulau Jawa memiliki tingkat kebahagiaan yang rendah. Berdasarkan grafik data BPS tersebut, Provinsi Jawa Timur memiliki tingkat kebahagiaan di atas 72%, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sedikit di bawah 72%.

ads

Disusul Jawa Tengah dan DKI Jakarta sedikit di atas 70%. Banten merupakan provinsi yang tingkat kebahagiaannya paling rendah di Pulau Jawa di angka 68%.

“Kuadran IV menunjukkan tingginya IPM yang tidak diiringi dengan tingginya Indeks Kebahagiaan. Enam provinsi di Pulau Jawa semuanya masuk dalam kuadran ini,” tulis data BPS tersebut, dikutip Kamis (12/1/2022).

Kondisi tingkat kebahagiaan di beberapa provinsi tadi agak berbanding terbalik dengan laju pertumbuhan ekonomi. Misalnya Jawa Timur yang hanya tumbuh 3,23% selama triwulan III 2021, jauh di bawah Banten 4,62% dan Jawa Barat 3,4%.

Meski demikian, tingkat pendidikan, kesehatan, ekonomi keenam Provinsi itu tinggi. DKI Jakarta mencatatkan persentase paling tinggi dan diikuti dengan DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, lalu Banten.

Bertolak belakang dengan keenam Provinsi di Jawa, Kalimantan Timur menjadi Provinsi yang memiliki tingkat bahagia yang tinggi diiringi dengan IPM yang juga tinggi.
Sementara, ada juga provinsi yang memiliki IPM rendah tetapi tingkat kebahagiaannya tinggi yakni Papua Barat. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini