Petugas saat melakukan pemadaman di TPA Banjardowo, Jombang. Rabu (11/10/2023).

Bongkah.id – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Banjardowo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berhasil dipadamkan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang ungkap penyebab terjadinya kebakaran.

Pemadaman dilakukan bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Jombang yang mengerahkan sebanyak empat tangki air untuk membantu penanganan pemadaman.

ads

Selain empat tangki air, petugas juga mengerahkan 2 alat berat untuk membelah tumpukan sampah yang terbakar sebagai alternatif cara untuk mempercepat memadamkan kebakaran.

“Selain melakukan pemadaman dengan empat tangki, petugas juga melakukan upaya pemisahan agar api tidak menyebar ke area landfill sampah maupun sarana prasarana TPA lain,” ujar Miftahul Ulum Kepala DLH Jombang, Rabu (11/10/2023).

Sekitar pukul 18.00 WIB, api yang menyulut sampah tepian TPA Banjardowo itu berhasil dipadamkan. Sementara penyebab kebakaran diduga adanya musim kemarau yang ekstrim.

“Seperti yang kita ketahui, saat ini dengan musim panas panjang dan ekstrim serta kandungan gas metana dari sampah yang mudah terbakar, TPA menjadi salah satu area yang rentan mengalami kebakaran,” jelasnya.

Usai berhasil dipadamkan, pihaknya melakukan berbagai upaya preventif seperti pengawasan pelaksanaan SOP agar staf maupun karyawan tidak merokok di area landfill atau area yang mudah terbakar.

“Kita berikan sosialisasi juga kepada masyarakat sekitar TPA untuk tidak membersihkan lahan dengan membakar, serta pembasahan rutin di atas area landfill,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini