Para pebalap sepeda berlomba dalam ajang Tour of Kemala 2023 yang digelar Bhayangkari Polri di Banyuwangi, Jawa Timur.

Bongkah.id – Tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi tahun 2023 semakin mendekati target. Lonjakan turis domestik maupun luar negeri terutama terjadi saat penyeleggaraan Tour of Kemala 2023 yang digagas oleh Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo selama dua pada 7–8 Oktober.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Banyuwangi, M.Yanuar Bramuda mengatakan, Tour of Kemala 2023 ini membawa dampak positif, bukan hanya pariwisata tapi sektor terkait lainnya. Menurut dia, event tersebut bukan sekadar ajang olahraga balapan sepeda (Sport Tourism), tetapi juga menjadi katalis yang menggeliatkan perekonomian di Bumi Blambangan.

ads

“Dampak peningkatan ekonomi yang luar biasa juga kami rasakan dengan adanya event Tour of Kemala 2023 ini,” kata Bramuda.

Bramuda mengatakan ribuan peserta maupun penonton dari berbagai daerah bahkan manca negara yang mengikuti Tour of Kemala 2023 itu sudah pasti datang ke Banyuwangi. Dan hal itu, lanjut dia, bisa menjadikan tambahan amunisi bagi Kabupaten Banyuwangi untuk mendongkrak target kunjungan wisatawan di Bumi Blambangan atau Kota Gandrung itu.

“Kondisi itu juga telah menjadikan tingkat penghunian hotel (okupansi) di Banyuwangi dengan adanya Tour of Kemala 2023 bisa dikatakan hampir 100% terpenuhi,” ujarnya.

Baca: Ajang Balap Sepeda Tour of Kemala 2023 Banyuwangi Sukses Geliatkan Sektor Pariwisata

Di sisi lain, kata Bramuda, pendapatan jasa Transportasi, kuliner, warung, dan bahkan UMKM pun ikut meningkat. Oleh karena itu, khususnya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi–tinginya kepada Kapolri dan Bhayangkari yang telah menyelenggarakan Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi.

“Kami sangat berterima kasih kepada jajaran Bhayangkari khususnya kepada Ibu Ketua Umum yang telah berinisiasi melaksanakan event besar Tour of Kemala 2023 ini di Banyuwangi,” ungkap Bramuda.

Bramuda menjelaskan kunjungan wisatawan di Banyuwangi mulai meningkat seiring penurunan sebaran COVID-19. Pada tahun 2022 tercatat 3 juta wisatawan berkunjung ke Banyuwangi pada target kunjungan saat itu hanya 2,5 juta orang.

Tahun 2023 ini kata Bramuda, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mentargetkan 3,5 juta wisatawan berkunjung ke Banyuwangi. Diakhir bulan September 2023 kemarin kata Bramuda, jumlah kunjungan wisatawan di Bumi Blambangan sudah mencapai 3,1 juta orang.

“Artinya dari target yang telah ditentukan sebesar 3,5 juta, sudah mencapai 88% pada bulan lalu, dan saat ini ditambah dengan adanya Tour of Kemala 2023 kemarin sudah mendekati angka pencapaian target,”ujarnya.

Di sisa waktu yang kurang 2 bulan lagi, pihaknya optimis bisa mencapai target tersebut. Pasalnya, di bulan November dan Desember nanti akan ada event atau festival di Banyuwangi yang ditaksirkan dapat menarik minat pengunjung datang ke Bumi Blambangan.

Untuk menambah daya tarik, festival akan diperbanyak di Banyuwangi. Seperti Festival Budaya Blambangan, Sepekan di Kemiren, dan International Geopark Downhill.

“Kami berharap event – event besar berskala nasioanal terlebih Internasional yang diselenggarakan pemerintah pusat maupun jajaran Kepolisian bisa diselenggarakan dua atau tiga kali setiap tahunnya di Banyuwangi,”ujar Bramuda.

Seperti event Tour of Kemala 2023 yang menurut Bramuda adalah hasil kolaborasi yang apik antara pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan jajaran Kepolisian yang telah berdampak pada meningkatnya perekonomian di Bumi Blambangan.

“Tour of Kemala 2023 ini merupakan kolaborasi yang apik, maka Alhamdulillah ekonomi Banyuwangi dengan adanya dua hari pelaksanaan Tour of Kemala ini betul – betul merasakan dampak peningkatan yang luar biasa,”ungkap Bramuda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini