Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyerahkan bantuan subsidi upah (BSU) kepada para pegawai RSI Sakinah di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

Bongkah – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah kembali menyalurkan bantuan subsidi upah langsung kepada para pekerja di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022). Kali ini, sasarannya sebanyak 263 pegawai Rumah Sakit Islam (RSI).

Dari data yang dihimpun, secara nasional Kemenaker telah menyalurkan BSU tahap 1 hingga tahap 3 kepada pekerja penerima BSU seluruh Indonesia sebanyak 7.077.550 (48,34 persen) dari total 14.639.675 penerima. Sementara untuk Kabupaten Mojokerto hingga saat ini telah tersalurkan bantuan BSU sebanyak 31.307 (51,37 persen) pekerja dari total 60.943 pekerja penerima BSU di kabupaten Mojokerto.

Baca: Salurkan BSU di Mojokerto, Menaker Sebut 29 Juta Pekerja Di-PHK Dampak Pandemi COVID-19

Menaker menjelaskan, BSU dialokasikan dari anggaran negara dengan memanfaatkan pengelolaan dan pemanfaatan dana  BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian penyaluran bantuan ini sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada para pekerja atau perusahaan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi pemanfaatan BPJS itu bukan menggunakan uang BPJS Ketenagakerjaan, tetapi murni anggaran Pemerintah. Dan bantuan itu tidak langsung kita salurkan ke 14, 6 juta penerima, karena kita perlu memastikan bantuan sudah tepat sasaran. Saat ini sudah hampir 50 persen,” terang Menaker Ida, saat kunjungan di RSI Sakinah, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Sabtu, (1/10/2022) pagi.

Dalam kunjungan itu, Menaker didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Forkopimca Sooko dan perwakilan pekerja dari RSUD R.A. Basoeni yakni Yeni, Elok, Gilang serta perwakilan pekerja dari RSUD Prof. Dr. Soekandar yakni Rengga, Wawan, Irven. Ida menjelaskan, bahwa BSU itu merupakan anggaran dari APBN.

Menaker mengungkapkan, bahwa Presiden Joko Widodo telah mengumpulkan menteri, gubernur, Bupati dan walikota beberapa hari lalu. Dalam forum itu, Jokowi meminta para kepala daerah agar menekan angka inflasi di wilayah masing-masing.

“Dan alhamdulillah kita mampu mengendalikannya. saat ini pertumbuhan ekonomi kita tertinggi di antara G20. Dan inflasi kita terkendali 4,4 persen. Di negara lain sudah diatas 2 digit. Contohnya turki mencapai 80 persen,” tandasnya.

Selain itu, untuk memastikan bahwa para pekerja telah menerima BSU, Menaker ida yang didampingi Bupati Ikfina mengajak perwakilan pekerja dari RSI Sakinah Endah Puspita serta perwakilan pekerja dari RSUD R.A. Basoeni mendatangi Teras BRI Mobil Kas Keliling yang berada di RSI Sakinah.

Menaker Ida juga sempat berdialog dengan para pekerja untuk mengetahui kondisi keluarga serta rencana para pekerja ke depan terkait penerimaan BSU. Sesampainya di Teras BRI Mobil Kas Keliling, para pekerja langsung mengecek rekeningnya masing-masing. Menaker Ida juga memastikan bahwa jumlah nominal BSU yang diterima para pekerja sudah sesuai.

“Ya sudah mudah-mudahan  bermanfaat ya, saya cuma memastikan bahwa uangnya tidak berkurang sama sekali,” tuturnya.

Sementara Endah Puspita, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas terlaksananya program pemerintah yang membantu para pekerja dari dampak Pandemi Covid-19 serta kenaikan harga BBM.

“Terima kasih pak Jokowi, terima kasih Bu Menaker bantuannya sudah saya terima,” ucapnya. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here