Karnaval Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Jombang, Minggu (20/8/2023).

Bongkah.id – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78, Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur gelar karnaval semangat kemerdekaan. Masyarakat dari berbagai usia dan latar belakang turut memeriahkan acara ini degan beragam kostum.

Kepala Desa Menganto, Yunus Ardiansyah mengatakan, kegiatan karnaval di Desa Menganto itu selalu rutin dilaksanakan pada bulan kemerdekaan.

ads

“Kali ini dari total 24 RT yang ada di Desa Menganto ikut berpatisipasi dalam kegiatan kali ini,” ujar Yunus, Minggu (20/8/2023).

Dijelaskan Yunus, tema kemerdekaan yang diusung itu bebas digunakan dalam kreasi masing-masing masyarakat yang mengikutinya. “Semua ikut terlibat mulai dari usia dini hingga lansia, serta untuk kostum mulai dari profesi hingga kostum hantu pun ada,” jelas dia.

Kegiatan karnaval di Desa Menganto itu, menempuh jarak kurang lebih 3 kilometer mulai dari Lapangan Desa Menganto Hingga Finis di dusun Kuwasen dengan melintasi jalan poros Kabupaten Jombang.

Yunus berharap dengan diadakanya karnaval bisa membuat masyarakat lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan merebut atau mempertahankan kemerdekaan bangsa indonesia.

“Setiap warga masyarakat tidak hanya berkarnaval tetapi juga ada makna nilai menghargai para pahlawan,” pungkas dia. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini