Gedung KPK. (Google)
Gedung KPK. (Google)

Bongkah.id – KPK melakukan penggeledahan di Jawa Timur terkait dugaan suap pengurusan dana hibah untuk kelompok masyarakat (pokmas) dari APBD Provinsi Jatim tahun 2019-2022.

Penggeledahan itu merupakan pengembangan dari perkara yang telah menjerat mantan Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak.

ads

“KPK melakukan serangkaian tindakan penyidikan berupa penggeledahan pada beberapa rumah yang berlokasi di Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, Tulungagung, Gresik, dan Blitar,” kata Jubir KPK Tessa Mahardhika di gedung KPK, Jakarta, Jumat (12/7/2024).

“Serta beberapa lokasi di Pulau Madura yaitu di Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Samapang, dan Kabupaten Sumenep,” tambahnya.

Hasil dari penggeledahan tersebut, KPK melakukan penyitaan uang Rp 380 juta. Selain itu, sejumlah dokumen yang terkait dengan perkara tersebut turut disita.

“KPK telah melakukan penyitaan diantaranya berupa uang kurang lebih Rp380 juta, dokumen terkait pengurusan dana hibah, kuitansi, dan catatan penerimaan uang bernilai miliaran rupiah, bukti setoran uang ke bank, bukti penggunaan uang untuk pembelian rumah, copy sertifikat rumah, dan dokumen-dokumen lain,” sebutnya.

Tessa belum bisa menyampaikan berapa nilai suap dalam perkara tersebut. Dirinya juga mengatakan kegiatan penggeledahan masih berlangsung.

“Untuk kegiatan sampai dengan hari ini, informasi terakhir masih berlangsung,” ucapnya, mengutip Detik.

KPK melakukan penggeledahan di Jawa Timur hari ini. KPK menyebutkan penggeledahan itu bagian dari penyidikan salah satu kasus yang tengah ditangani. (yg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini