Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melihat langsung proses produksi pembuatan tahu di Kampung Tahu, Desa Sendang, Kecamatan Banyakan, Selasa (22/8/2023).

Bongkah.id – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mendorong pengrajin tahu daerahnya agar segera mengurus perijinan usaha, khususnya di Desa Sendang, Kecamatan Banyakan. Sebab, masih terdapat sekitar 19 UMKM produksi tahu di daerah telah dideklarasikan menjadi Kampung Tahu belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Dari data Pemkab Kediri, pada tahun 2023 sebanyak 76 pengrajin tahu di Desa Sendang yang masih bertahan,  57 di antaranya telah mengantongi perizinan. Padahal, sebelum Pandemi Covid-19, terdapat 100 pengrajin tahu di daerah itu.

ads

Menurut Hanindhito, perijinan usaha ini sangat penting untuk eksistensi dan pengembangan UMKM produksi tahu. Apalagi bagi para pengrajin di Desa Sendang, Kecamatan Banyakan, yang telah dideklarasikan menjadi Kampung Tahu.

“Harapannya semuanya segera mengurus izin,” kata Bupati Hanindhito saat menghadiri Festival Kampung Tahu dan Bazar UMKM di Desa Sendang, Kecamatan Banyakan,  Selasa (22/8/2023).

Festival kampung tahu dan bazar UMKM dalam rangka peringatan ulang tahun ke-4 Kampung Tahu. Terdapat 20.000 tahu yang disusun berbentuk tumpeng untuk dibagikan kepada warga.

Hanindhito mengapresiasi kegiatan yang diadakan di Desa Sendang tersebut. Bupati yang akrab disapa Mas Dhito menilai, ajang ini dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat desa secara merata.

“Saya sangat mengapresiasi, Pemerintah Kabupaten Kediri memang hari ini (perayaan Kemerdekaan) tidak mengagendakan acara yang besar tapi kita lebih ingin supaya acara itu di desa-desa,”  bebernya.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini