Markas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Kediri di Jalan Mayjen Bismo, Kediri, Jawa Timur, selalu siap menampug suplai darah dari masyarakat.

Bongkah.id – Ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kediri kembali normal setelah sempat menipis sejak pandemi COVID-19. Pulihnya stok tak lepas dari gencarnya PMI melaksanakan kegiatan donor darah..

Setiap hari, markas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Kediri di Jalan Mayjen Bismo, selalu siap menerima masyarakat yang berniat mendonorkan darahnya. Selain itu, organisasi sosial kemanusiaan itu juga sering melakukan  kegiatan donor darah secara mobile atau berkeliling di berbagai tempat keramaian.

ads

“Donor darah dengan unit mobile bekerjasama dengan instansi Pemerintah, instansi swasta, sekolah  hingga tempat ibadah. Sehingga ketersediaan darah ketika masyarakat Kota Kediri dan sekitarnya membutuhkan dapat terpenuhi,” kata, Staf PMI Kota Kediri Chandra Budiawan, Senin (19/12/2022).

Chandra mengatakan, menjelang libur Natal 2022 dan tahun baru 2023  persediaan darah UDD PMI Kota Kediri dalam keadaan baik atau cukup.  Meski begitu, Chandra tetap mengajak masyarakat Kota Kediri yang memenuhi syarat untuk melakukan donor darah.

“Para pendonor darah sukarela, dimanapun berada, khususnya di Kota Kediri dan sekitarnya, mari melakukan donor darah, selain sehat untuk diri sendiri juga manfaat untuk orang lain” Ujar Chandra ketika Bongkah.id menyambangi Kantornya Senin pagi (19/12/2022).

Menurut Chandra, saat puncak Pandemi Covid-19 kemarin,  ketersediaan darah di PMI Kota Kediri memang mengalami penurunan. Meski demikian untuk kebutuhan dalam kota tidak terganggu. Bahkan, masih bisa memenuhi permintaan dari daerah lain disekitar Kota Kediri.

“Seiring dengan kegiatan masyarakat yang sudah mulai pulih pasca pandemi, berdampak pada stok ketersediaan  darah di UDD PMI Kota Kediri, dimana ada peningkatkan masyarakat yang melakukan donor darah,” terang Chandra.

Untuk diketahui, Stok ketersediaan darah di PMI Kota Kediri tertanggal 19 Desember 2022 tercatat ada 740 Kantong. Rincianya, Golongan darah  A sebanyak 143, Golongan Darah B 211, Golongan Darah O 292 dan Golongan Darah AB sebanyak 94 Kantong darah. (mad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini