Layanan Dispendukcapil goes to school mendapat antusias luar biasa dari para pelajar dan terbukti dapat mempercepat perekaman KTP-El

Bongkah.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sidoarjo kebut layanan administrasi kependudukan (Adminduk), dengan memperluas jangkauan melalui penerapan identitas kependudukan digital (IKD).

Kepala Dispendukcapil Sidoarjo, Reddy Kusuma, mengatakan dalam rangka mendukung kelancaran aktivasi IKD di desa-desa, pihaknya mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada operator desa.

ads

”Bimtek itu bertujuan untuk membekali operator desa, dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam membantu masyarakat mengaktifkan IKD di kantor desa atau kelurahan,” ujar Reddy Kusuma, Rabu (19/6/2024).

Reddy menjelaskan, IKD merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan Adminduk yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi kependudukannya. Dengan IKD, masyarakat tidak perlu lagi membawa kartu identitas fisik, seperti KTP.

“Semua informasi kependudukan sudah tersimpan secara digital di smartphone mereka. Penerapan IKD diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah pelayanan Adminduk kepada masyarakat,” kata Reddy.

Diharapkan, operator desa dapat memahami dengan baik tentang IKD dan cara membantu masyarakat dalam mengaktifkannya. Dispendukcapil Sidoarjo juga akan terus memberikan pendampingan kepada operator desa dalam pelaksanaan IKD di desa-desa.

Reddy menyebutkan, tahun ini targetnya sebanyak 30 persen dari jumlah penduduk Sidoarjo sudah mengaktivasi IKD. Persentase itu setara sekitar 300 ribu orang.

Hingga saat ini baru sekitar 10 ribu yang sudah mengaktivasi. Pihaknya bahkan rutin menggelar kegiatan jemput bola, untuk mempercepat aktivasi IKD.

“Untuk mencapai target tersebut, perlu kerja keras dan partisipasi aktif dari masyarakat,” pungkasnya. (yg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini