Pengumuman lomba Karya Jurnalistik Piala Dunia U-17 2023 yang digelar Asprov PSSI Jatim.

Bongkah.id – Perhelatan Piala Dunia Sepakbola U-17 2023 di Indonesia terbilang sukses dan semarak. Gaungnya tak lepas dari peran media massa yang gencar memberitakan perhelatan kejuaraan internasional kelompok umur itu dari berbagai sisi (angle) yang berkaitan.

Ketua Asisten Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur Ahmad Riyadh UB melihat, awak media  tidak hanya memberitakan jalannya pertandingan dan perkembangan turnamen Piala Dunia U-17. Pers, lanjutnya, juga banyak menulis pernak-pernik yang mewarnai gelaran itu.

ads

“Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 ini membawa dampak positif pada banyak sektor lain. Fenomena-fenoma itu juga tak luput dari sorotan media yang memberitakan, sehingga aspek-aspek lain di Indonesia ini lebih dikenal dunia,” kata Riyadh.

Riyadh menilai, penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di empat kota yakni Jakarta, Bandung, Solo dan Surabaya, bisa dibilang sukses dan menuai pujian dari berbagai pihak. Baik peserta meilputi pemain dan official hingga pecinta sepakbola mancanegara.

Menurut Riyadh, kesuksesan tersebut memberi efek sangat positif bagi PSSI maupun Tim Nasional Indonesia. Menurutnya, peforma timnas negara-negara lain dalam perhelatan ini akan memotivasi skuad Garuda, bukan hanya pemain tetapi juga tim pelatih dan offisial.

“Mereka menyaksikan permainan tim-tim dari negara lain. Bagaimana cara mereka bermain. Itu membuat motivasi pemain-pemain muda meningkat, semangat mereka mendidih. Ini salah satu efek bagus bagi sepak bola kita,” ujarnya.

Dari gelaran itu pula, kata Riyadh, PSSI juga bisa menentukan gaya permainan negara lain, khususnya dari Eropa dan Amerika Latin yang bisa diadaptasi oleh sepak bola Indonesia. Sehingga ke depan, Indonesia memiliki cara main yang sama dari hulu hingga hilir.

“Artinya, ada keseragaman cara main. Dengan begitu, para pemain Indonesia tidak harus melakukan TC jangka panjang. Karena Argentina hanya butuh dua minggu berkumpul untuk bermain sebaik itu,” kata Riyadh.

Tata Cara dan Syarat Peserta Lomba Karya Jurnalistik Piala Dunia U-17

Melihat banyaknya hal positif yang lahir dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17 ini serta pentingnya peran awak media ikut mengenalkan Indonesia di kancah dunia, maka Asprov PSSI Jatim akan melombakan karya jurnalistik yang berkaitan dengan perhelatan turnamen tersebut. Lomba bertajuk ‘Dampak Positif Piala Dunia U-17 Bagi Kemajuan Sepak Bola Indonesia’ ini sebagai bentuk apresiasi federasi sepakbola Indonesia terhadap profesi dan hasil karya para jurnalis.

Ketua Panitia Lomba Karya Jurnalistik Piala Dunia U-17, Samiadji Makin Rahmat menambahkan lebih rinci seputar penyelenggaraan perlombaan. Ia menjelaskan lomba bertajuk ‘Dampak Positif Piala Dunia U-17 Bagi Kemajuan Sepak Bola Indonesia’ terbuka untuk seluruh media massa yang memuat tulisan jurnalis di seluruh Indonesia.

“Karya yang dikirimkan berupa soft copy dan hard copy (print naskah yang sudah dimuat), serta sudah pernah dimuat di media tempat wartawan (peserta) bekerja,” ujarnya.

Karya soft copy dikirimkan ke email rizalbolacom@gmail.com. Sedangkan hard copy dikirimkan ke Sekretariat Asprov PSSI Jatim di Jalan Ketampon 90 Surabaya.

“Waktu yang singkat ini, mudah-mudahan rekan jurnalis bisa mengirim karya terbaiknya. Bila kurang jelas bisa menghubungi panitia, Rizal di nomor 081358262537,” ujarnya

Ketua Komisi Disiplin Asprov PSSI Jatim itu menjelaskan, konten berita yang dilombakan harus dimuat paling lambat tanggal 11 Desember 2023 dan diterima panitia selambatnya 15 Desember 2023.  Pemenang juara 1 sampai 3 akan menerima hadiah jutaan rupiah.

“Tim juri terdiri dari Pengurus PSSI, Wartawan dan akademisi akan melaksanakan tugas secara profesional serta keputusan bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Pengumuman pemenang akan disampaikan lebih lanjut,” pungkasnya. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini