Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didampingi putranya Prananda Prabowo saat berzirah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Senin (7/10/2024).

Bongkah.id – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memperingatkan dengan keras kader yang membelot dan mendukung calon lain di Pilkada Serentak 2024. PDIP tak segan memecat anggotanya yang kedapatan membangkan instruksi partai.

Peringatan keras ini disampaikan melalui Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Menurut dia, seluruh kader partai banteng wajib menjalankan instruksi dan mendukung pasangan calon kepala daerah yang ditetapkan oleh Megawati Soekarnoputri selaku Ketum PDIP pada Pilkada serentak 2024 ini.

ads

“Maka semuanya harus menjalankan tugasnya, memenangkan calon yang sudah direkomendasi oleh Ibu Megawati Soekanoputri,” tandas Hasto usai mendampingi Megawati ziarah ke makam ayahnya yang juga Proklamator dan Presiden Pertama RI, Soekarno di Kota Blitar, Senin (7/10/2024) sore..

Selain mendukung paslon yang diusung PDIP, Hasto juga mengingatkan kader agar tidak mencoblos kotak kosong pada pilkada. Bagi kader yang membelot, termasuk mengkampanyekan kotak kosong juga akan diberikan sanksi tegas pemecatan.

“Sehingga disiplin sebagai kader wajib dijalankan dengan mutlak, bagi yang tidak memenangkan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah tentu saja akan menerima sanksi partai,” kata Hasto

Namun sebelum menerima sanksi, akan dibuka ruang sebaiknya mengundurkan diri. Sehingga sikap kesatria dan watak kedisiplinan kader itu ditunjukkan, kalau tidak cocok dengan calon kepala daerah.

“Disiplin partai mengatakan harus taat, tegak lurus atau silahkan mengundurkan diri sebelum dipecat,” tegasnya.

Selain Hasto, beberapa calon kepala daerah dari PDIP sekitar Kota Blitar juga terlihat hadir diantaranya calon Bupati Blitar Rijanto, calon Wali Kota Blitar Bambang Rianto, calon Wali Kota Batu Krisdayanti, calon Bupati Banyuwangi, Bupati Tulungagung, Trenggalek dan Nganjuk.

Termasuk jajaran pengurus DPD PDIP Jatim, DPC PDIP Kabupaten dan Kota Blitar juga para kader lainnya. Megawati tampak digandeng oleh putranya yang juga pengurus PDIP, Prananda Prabowo meninggalkan halaman makam kakeknya sekitar pukul 15.30 WIB. (yg/bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini