Tri Rismaharini (Risma) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

Bongkah.id – PDI Perjuangan (PDIP) sudah menunjuk Tri Rismaharini atau Risma sebagai bakal calon gubernur di Pemiliha Gubernu-Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) tahun 2024. Partai masih menimbang sosok bakal calon gubernur yang akan mendampingi Risma.

Penunjukan Risma sebagai bacagub Jatim tertuang dalam surat rekomendasi bernomor 2760/IN/DPD/VII/2024 tertanggal 27 Agustus 2024 itu. Namun, dalam SK yang tertera tanda tangan Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Said Abdullah itu, merekomendasikan Sutiaji sebagai calon Wakil Gubernur Jatim.

ads

“PDI Perjuangan sudah menugaskan Ibu Risma untuk melakukan upaya-upaya membangun kerja sama politik dengan partai-partai,” kata Ketua DPP PDIP Deddy Sitorus kepada wartawan di kantornya, Rabu (28/8/2024).

Menurut Deddy, upaya membangun koalisi dengan partai lain juga untuk mencari bacawabup yang ideal. Selain tentu bertujuan memperkuat dukungan bagi pasangan calon yang diusung PDIP.

“Mencari wakil yang paling ideal untuk merepresentasikan secara sosiologis dan politik tadi. kalau ideal nggak dapat ya setengah ideal kan seperti itu,” ujar Deddy.

Baca Juga: PDIP Jatim dan Tujuh Partai Non Parlemen Siapkan Calon Penantang Khofifah-Emil

Namun, Deddy menegaskan, keputusan resmi pasangan Cagub-Cawagub Jatim akan diumumkan oleh Ketum PDIP Megawati Sokarnoputri, Kamis (29/8/2024). Setelah itu, pasangan ini akan langsung mendaftar ke KPU Jatim.

“Insyaallah besok (didaftarkan langsung). Yang penting sebelum jam 00.00 WIB,” tegas dia.

Sementara itu, Sutiaji yang namanya disebut ada dalam rekom untuk penugasan Risma s tak menampik hal itu. Dia membenarkan soal penunjukan dirinya sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Risma.

“Insyaallah (maju cawagub),” kata Sutiaji saat dimintai konfirmasi, Rabu (28/8/2024).

Pada Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur 2024, sejauh ini sudah ada dua kandidat yang muncul sebagai calon penantang pasangan petahana Khofifah-Emil. Selain paslon dari PDIP, PKB juga mengumukan jagoannya yakni Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim.

Kedua pasangan calon akan mendaftar ke KPU Jatim, Kamis (29/8/2024) besok. Sementara duet petahana Khofifah-Emil sudah lebih dulu mendaftar pada Rabu (28/8/2024) tadi. (bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini