Petugas KPU Sidoarjo mengecek Kkotak suara Pilkada Serentak 2024 di Gudang KPU Jalan Erlangga, Kelurahan Celep. Foto: Bongkah.id/Yoga.

Bongkah.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo segera mencetak surat suara untuk Pilkada serentak 2024. Saat ini, pencetakan logistik tersebut masih menunggu persetujuan dari pasngan calon.

Ketua KPU Sidoarjo Fauzan Adim mengatakan, persetujuan menyangkut foto pasangan calon yang dipampang pada surat suara. Setelah disetujui, maka pihaknya segera mengirim file ke pihak yang sudah bermitra.

ads

“Begitu sudah ada persetujuan, langsung kami cetak dan dikirim ke gudang,” kata Fauzan, Jumat (27/9/2024).

Sedangkan, untuk surat suara nantinya akan dicetak sebanyak 1.479.539 orang sesuai daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen dari jumlah DPT sebagai surat suara cadangan.

“Untuk bilik suaranya berjumlah 10.932 bilik,” katanya. Di setiap tempat pemungutan suara (TPS) akan ada dua kotak suara.

Dalam penyiapan logistik pilkada, Bawaslu Sidoarjo sempat mendapati kabel ties dikirim ke alamat yang salah yakni ke kantor KPU di Jalan Cemengkalang. Padahal seharusnya dikirim ke Gudang KPU di Jalan Erlangga, Kelurahan Celep.

Fauzan menyebutkan, pengiriman salah alamat itu karena adanya miskomunikasi. Menurut dia, penyedia yang tidak menghubungi KPU lebih dulu.

“Biasanya penyedia konfirmasi dulu, tapi tidak ada komunikasi,” ujar Fauzan.

Selain itu, penyedia kabel ties itu seharusnya bisa mengecek alamat pengiriman melalui sistem informasi logistik (Silog). Namun, Fauzan memastikan hanya kejadian tersebut hanya salah alamat saja. Untuk kondisi kabel ties sudah sesuai ketentuan.

“Kami sudah mengkomunikasikan hal itu ke semua penyedia logistik Pilkada yang sudah bermitra. Termasuk selalu memastikan logistik yang dikirim sudah sesuai ketentuan,” tegas dia.

Saat ini, KPU Sidoarjo tengah mempersiapkan perakitan sebanyak 5.502 kotak suara untuk Pilgub Jatim dan Pilbup. Rencananya, Fauzan dan jajaran komisioner lainnya akan menggelar rapat pleno guna membahas agenda tersebut, hari ini, Jumat (27/9/2024).

“Setelah itu tinggal merakit kotak suara untuk pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur dan untuk pemilihan bupati dan wakil Bupati,” ucap Fauzan. (yg/bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini