Pasangan Mundjidah-Sumrambah (MuRah) usai pengundian nomor urut calon Bupati-Wakil Bupati Jombang, Senin (23/9/2024). Foto: bongkah.id/Karimatul Maslahah.

Bongkah.id – Dua pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Jombang beradu visi misi dan program kerja. Paslon nomor urut 1 Mundjidah – Sumrambah (MuRah) yang mengusung tagline ‘Jombang Melaju, Pembangunan Merata Rakyat Sejahtera’ merancang empat program kerja utama dan 23 program unggulan.

Empat program kerja pasangan MuRah terbagi dalam beberapa poin yang mencakup banyak aspek. Berikut program kerja dan program unggulan pasangan MuRah :

ads

PROGRAM KERJA

A. Mewujudkan pemerataan pembangunan, kemakmurun, dan keadilan sosial melalui pembangunan ekonomi yang bertumpu pada kemandirian dan partisipasi masyarakat

  1. Menciptakan lapangan kerja, sehingga mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan mengurangi jumlah penduduk miskin.

* Perluasan penciptaan lapangan kerja dan peningkatan taraf hidup masyarakat akan dilakukan melalui pengembangan usaha kecil, menengah, dan koperasi sebagai tulang punggung perekonomian nasional

* Penurunan kemiskinan akan diupayakan dengan memberikan peluang berusaha yang berkelanjutan, membangun pedesaan, pemberian subsidi langsung untuk menjaga ketahanan penduduk miskin dan pemberian akses pelayanan terhadap pemenuhan kebutuhan hidup

* Untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pokok, pemerintah akan terus berupaya untuk mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan

* Untuk pengembangan agroindustri yang maju dan berdaya saing, akan dilakukan pengembangan produk-produk pertanian unggulan yang mempunyai daya saing kuat di pasar dunia

  1. Meningkatkan kemandirian dan daya saing

* Peningkatan kualitas sumberdaya manusia akan diupayakan melalui peningkatan ketersediaan dan pemerataan layanan pendidikan dan kesehatan.

* Kebangkitan kegiatan usaha di sektor rill akan dilakukan dengan mendorong kegiatan investasi dan ekspor serta memperbaiki strategi industrialisasi

* Pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, baik masa kini maupun masa depan.

* Peningkatan kuantitas dan kualitas infrastuktur dalars arti luas akan diprioritaskan pada daerah-daerah yang membutuhkan, serta mendorong peran aktif dari pemerintah desa dan masyarakat dalam menutup kekurangan penyediaan infrastruktur dari pemerintahan kabupaten.

* Fungsi intermediasi perbankan dalam penyaluran kredit produktif ke sektor riil akan terus ditingkatkan serta peranan pasar modal dan lembaga keuangan nonbank akan lebih ditingkatkan untuk menciptakan sektor keuangan yang kuat, efisien, dan kompetitif.

B. Memperkuat kebersamaan warga masyarakat sebagai fondasi dari prinsip kemajemukan dalam persatuan

  1. Penguatan kehidupan demokratis dan kebersamaan

* Penguatan semangat kebangsaan dan demokrasi dilakukan dengan perumusan kembali perdidikan politik dan kewarganegaraan.

* Pendidikan akan hak dan kewajiban warga negara akan diberikan sebagai pendidikan politik dan kewarganegaraan.

* Kewajiban warga negara difasilitasi agar dalam pelaksanaannya dapat mendorong tumbuhkembangnya kesadaran masyarahat terhadap rasa kebangsaan, kebersamaan yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

* Penguatan sikap toleran dan saling gotong royong dalam menyelesaikan setiap persoalan di daerah, dengan memberikan stimulasi kegaitan pemberdayaan yang aspiratif.

* Menjamin persamaan warga negara sebagai satu-satunya prinsip pengaturan hubungan antara negara dan masyarakat dan di antara sesama warga masyarakat.

1
2
3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini