Kepala Bidang Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur, Kukuh Sudjatmiko dalam kunjungannya ke PT PLP di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Rabu (7/10/2020) lalu.

Bongkah.id– PT Pandawa Lestari Perkasa (PLP) ditetapkan sebagai percontohan perusahaan tambang batu yang konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Unit usaha PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) itu berhasil menempatkan kesehatan dan keselamatan kerja sebagai prioritas utama dalam kegiatan operasinya.

Hal itu ditegaskan Kepala Bidang Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur, Kukuh Sudjatmiko dalam kunjungannya ke PT PLP di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Rabu (7/10/2020) lalu.

Kepala Teknik Tambang Jeladri (KTT) Murofik Urizal mengatakan, karyawan merupakan salah satu aset yang penting di dalam perusahaan. Sehingga, perusahaan wajib menjamin keamanan dan keselamatan kerja mereka, utamanya mencegah dari penularan virus corona.

“Oleh karena itu perlu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 agar karyawan terhindar dapat dari virus guna menciptakan lokasi kerja pada yang sehat, aman, dan produktif,” ujarnya.

Dalam rangka mendukung disiplin protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19, PLP mewajibkan setiap karyawan dan pengunjung mematuhi prokes. Antara lain, cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, dan penggunaan masker saat memasuki area tambang.

PLP juga membatasi jumlah pekerja dalam suatu ruangan, memberlakukan jaga jarak sosial atau social distancing antar-karyawan dan larangan berkerumun seperti di area ruang kerja dan tempat beribadah. Perusahaan tambang batu andesit ini memperbanyak fasilitas peralatan sanitasi seperti tisu, hand sanitizer, tempat cuci tangan dan sabun.

Serta senantiasa memastikan seluruh area dan fasilitas perkantoran steril dan higienis dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara rutin. Khususnya yang kerap digunakan bersama-sama seperti toilet, masjid, lobi, pegangan pintu, toilet, dan lain sebagainya.

Perusahaan yang berdiri pada 21 Agustus 1993 itu akan terus berkomitmen dalam mengutamakan keselamatan kerja bagi seluruh karyawan dan kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasionalnya.

“Mari kita bersama sama berkomitmen melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan tambang PLP. Berangkat dengan selamat dan pulang kepada keluarga dengan sehat dan selamat,” tutup Murofik Urizal. (bid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here