Batu bata pengunci struktur badan candi yang sudah tidak utuh ditemukan di situs Pandegong, Jombang, Jatim, Senin (5/6/2023).

Bongkah.id –  Ekskavasi hari terakhir Situs Pandegong di Dusun Kwasen, Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menemukan tiga batu bata pengunci candi yang sudah tidak utuh. Penemuan ini memperkuat hipotesa terjadinya pengrusakan cagar budaya tersebut secara masif.

Fragmen batu bata itu akan dijadikan bukti untuk memperkuat hipotesa adanya vandalisme yang terjadi pada candi Situs Pandegong.

ads

“Temuan bata profil dan kuncian sebanyak tiga buah makin menguatkan bahwa situs ini sudah mengalami kerusakan akibat vandalisme di masa lalu,” ujar Pamong Budaya Ahli Pertama BPK Wilayah XI Jawa Timur, Albertus Agung Vidi Susanto, Senin (5/6/2023).

Dijelaskan oleh Vidi, Fungsi dari ketiga batu bata yang ditemukan oleh tim itu ternyata berguna untuk menyusun struktur batu bata pada situs candi Pandegong.

“Saat tim menemukan itu tempatnya sudah berpindah, mungkin itu karena faktor pengerusakan oleh tangan manusia,” bebernya.

Ketiga batu bata yang ditemukan oleh tim ternyata memiliki ukuran tak sama hal tersebut disebabkan adanya faktor pengerusakan. Ukurannya yakni 20×10 cm, 30×10 cm. “Jadi ukuran panjang batu bata ketiganya tidak sama,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini