Petugas KPU Jombang saat merakit kotak suara Pilkada 2024 di gudang logistik Jl Prof M Yamin Desa Pandanwangi. Foto: Bongkah.id/Karimatul Maslahah.

Bongkah.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mulai menyortir dan merakit kotak suara untuk Pilkada Serentak 2024. Pada saa yang sama, sebanyak 7.768 bilik suara tiba di Gudang KPU, Jl Prof M Yamin, Desa Pandanwangi.

Pantauan di lokasi, petugas KPU Jombang merakit lembaran karton menggunakan kabel ties untuk menyambung setiap sisinya. Kertas karton tersebut dilapisi bahan anti air.

ads

“Mulai kita rakit hari ini agar tidak tergesa gesa ketika semua logistik telah datang nanti,” ujar Ketua KPU Jombang Ahmad Udi Masjkur, Jumat (4/10/2024).

Selain dirakit, KPU Jombang juga menyorotir satu persatu kondisi karton kotak suara. Beberapa kotak yang disinyalir mengalami kerusakan akan dipisah dan ditelaah lebih lanjut.

“Misalnya ada kerusakan tentu nanti kita sendirikan. Kemudian kita telaah bersama sama stakeholder terkait untuk menentukan kelayakan logistik,” jelas dia.

Logistik yang rusak atau tidak layak pakai akan dikembalikan ke pihak penyedia untuk diganti yang yang baru. Sebaliknya, jika masih layak akan digunakan untuk kegiatan pemungutan dan penghitungan suara 27 November mendatang.

“Kita akan undang stakeholder terkait, termasuk paslon yang diwakili LO untuk ikut memutuskan apakah logistik masih layak atau tidak,” papar dia.

Selain mulai melakukan perakitan, Udi juga mengatakan sebanyak 7.768 bilik suara tiba telah di KPU Jombang. Bilik itu, sementara disimpan di gudang KPU.

“Untuk perakitan nanti secara bertahap,” pungkasnya. (ima/bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini