Bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans (kiri) saat bersilaturahmi ke sanak kerabat di Jombang. Foto: bongkah.id/Karimatul Maslahah.

Bongkah.id – Nama KH Zahrul Azhar Asumta, tiba-tiba muncul dan memancing keingintahuan publik setelah menjadi bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim). Pria yang akrab disapa Gus Hans itu mendapat restu PDI Perjuangan untuk mendampingi bacagub Jatim Tri Rismaharini atau Risma.

KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans lahir di Jombang pada 23 Maret 1976, dari pasangan KH As’ad Umar dan Hj. Azah As’ad. Sejak kecil, dia dibesarkan dan mendapat pendidikan ala santri di lingkungan Pondok Pesantren  Darul Ulu, Rejoso, Jombang.

ads

Gus Hans, menempuh pendidikan S1 di UPN Yogyakarta mengambil jurusan Hubungan Internasional. Dia melanjutkan S2 di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM).

Setelah wafatnya sang ayah, Gus Hans melanjutkan tugas sebagai pengasuh Pondok Pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum di Peterongan, Jombang. Di samping itu, ia juga menduduki posisi penting di dunia pendidikan sebagai Wakil Rektor Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang.

Selain aktif di dunia pendidikan, Gus Hans juga menjadi Ketua Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Jatim. Tak hanya itu, ia juga menjabat sebagai President Football For Peace Interfaith Indonesia.

Pria berusia 48 tahun itu juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN). Dia juga menjadi Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Jawa Timur pada periode 2014-2018.

Pada 2018, Gus Hans mulai terjun ke panggung politik dan bergabung dengan Partai Golkar. Pada saat tahun sama, dia masuk tim sukses Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak dan dipercaya sebagai Juru Bicara dalam Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur.

Baca Juga: Gus Hans Urus Persyaratan Bacawagub Jatim, Daftar ke KPU Kamis Malam

Dua tahun kemudian, Gus Hans pernah menjadi salah satu kandidat kuat dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya tahun 2020 yang diusung oleh Partai Golkar. Meski gagal dalam Pilwali, namanya kembali mencuat sebagai calon potensial untuk Pemilihan Bupati Jombang 2024, tetapi batal maju.

Pada Pilgub Jatim 2024, Gus Hans mendapat dukungan dari PDIP untuk maju sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Tri Rismaharini. Dengan demikian, dia akan berhadapan dengan calon petahana Khofifah-Emil yang dibantunya memenangkan Pilkada 2018 lalu. (ima/bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini