Pembukaan tradisi Sedekah Bumi di Dusun Sumbersuko, Desa Jatiwates, Kecamatan Tembelang, Jombang, Jatim, Jumat (26/5/2023).

Bongkah.id – Tradisi Sedekah Bumi masih dipertahankan warga Dusun Sumbersuko, Desa Jatiwates, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Ritual adat yang biasa disebut nyadran ini sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen.

Sedekah Bumu Dusun Sumbersuko, Desa Jatiwates dibuka oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab. “Alhamdulillah budaya desa disini setiap tahun dilakukan, hal ini merupakn bentuk syukur masyarakat atas kenikmatan yang diberikan oleh Allah,” ujarnya, Jumat (26/5/2023).

ads

Selain mensyukuri nikmat, sedekah Desa itu juga merupakan bentuk kesolidaritasan masyarakat setempat.

“Selain itu untuk membangun kebersamaan masyarakat, dengan sedekah semua bisa dijauhkan dari balak maupun fitnah,” bebernya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Jombang, Sholahuddin juga menjelaskan, sedekah Desa di Dusun Sumbersuko, Desa Jatiwates, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang sudah dilakukan sejak dahulu.

“Sedekah Desa disini kurang lebih sudah dilakukan sejak 1948 lalu,” ungkapnya.

Ditanya terkait Lembaga Adat Desa (LAD), ia mengatakan jika sudah terdapat beberapa desa di Kabupaten Jombang yang sudah melaksanakan.

“LAD di kabupaten Jombang sudah ada 30 lebih kelembagaan desa, itu sudah terbentuk melalui peraturan desa masing-masing ,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini