Penumpang kereta api
Penumpang kereta api

Bongkah.id – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Terhitung sebanyak 68.762 tiket telah terjual dari total 60.552 tempat duduk yang disediakan untuk masa Nataru, dan masih tersedia 6.827 kursi untuk keberangkatan pada periode ini.

ads

Manager Humas Daop 7 Madiun, Kuswardojo, menyampaikan bahwa sejak (19/12) hingga (24/12), sebanyak 49.270 pelanggan tercatat naik, sementara 59.109 pelanggan turun di stasiun-stasiun wilayah Daop 7 Madiun.

Inovasi dan Layanan Berkelanjutan

Dalam rangka memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan efisien, KAI terus menghadirkan inovasi terbaru. Salah satu inovasi unggulan adalah penerapan teknologi Face Recognition di Stasiun Madiun, yang telah dimanfaatkan oleh 63% pelanggan pada Desember 2024.

Teknologi ini tidak hanya mempercepat proses layanan, tetapi juga mendukung pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas.

Fasilitas ramah lingkungan lainnya adalah penyediaan dispenser pengisian ulang air minum di Stasiun Madiun, Blitar, dan Kediri. Upaya ini bertujuan mengurangi limbah plastik dan mendukung gaya hidup berkelanjutan.

Selain itu, penggunaan bantalan sintetis sebagai pengganti bantalan kayu di jembatan kereta api turut menjadi langkah KAI dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Peningkatan Fasilitas dan Kenyamanan

Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, Daop 7 Madiun menghadirkan kereta ekonomi generasi baru di KA Brantas, yang dirancang lebih nyaman dan modern. Penataan ulang ruang tunggu di beberapa stasiun juga dilakukan agar lebih representatif dan memenuhi kebutuhan penumpang.

Selain itu, monumen lokomotif C1140 di Stasiun Kediri kini menjadi daya tarik baru. Monumen ini tidak hanya menjadi ikon kota, tetapi juga mengingatkan masyarakat akan sejarah panjang perkeretaapian di Kediri.

KA Bias: Alternatif Transportasi Baru

Pada penghujung tahun 2024, Daop 7 Madiun meluncurkan KA Bias yang menghubungkan Madiun dengan Bandara Adi Soemarmo Solo. Kehadiran KA Bias menawarkan solusi transportasi yang terjangkau, nyaman, dan bebas macet bagi masyarakat yang beraktivitas menuju Solo dan sekitarnya.

Komitmen untuk Kepuasan Pelanggan

Melalui berbagai inovasi dan pembaruan layanan, KAI Daop 7 Madiun berkomitmen menjaga kepercayaan masyarakat sekaligus memperkokoh posisinya sebagai moda transportasi andalan. Kuswardojo menegaskan, “Inovasi dan perbaikan yang kami hadirkan akan terus berlanjut, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas utama kami.”

KAI Daop 7 Madiun membuktikan bahwa layanan berkualitas dan inovatif adalah kunci kesuksesan dalam menjawab kebutuhan transportasi masyarakat. (wan/sip)

5

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini