KPU Kabupaten Kediri sukses menggelar acara serah terima maskot Pilkada Serentak 2024, Selasa (24/9/2024) malam.

Bongkah.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri melaksanakan menerima maskot Pilkada Serentak 2024. Acara serah terima maskot dari KPU Kota Kediri berlangsung meriah di depan Terminal Simpang Lima Gumul (SLG) pada Rabu (24/9/2024) malam.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU Kabupaten Kediri menghadiri acara serah terima maskot Pilkada Serentak 2024. Turut hadir juga pejabat daerah, beberapa tokoh dan berbagai lapisan masyarakat.

ads

Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 15.00 WIB dengan hiburan tradisional yang menampilkan seni Jaranan, Barongan, dan Reog. Masyarakat tampak antusias menyaksikan pertunjukan yang berlanjut hingga pukul 17.15 WIB sebelum jeda untuk Sholat Magrib.

Usai jeda istirahat, pertunjukan hiburan Mintul, Barongan, dan Reog kembali menghangatkan suasana setelah registrasi peserta.

Baca Juga: Kirab Maskot dan Parade Budaya, Strategi KPU Kota Kediri Sosialisasi Pilkada Serentak

Pada pukul 19.15 WIB acara resmi dibuka oleh Master of Ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan diikuti oleh flash mob Jingle Pilgub Jatim serta Jingle Pilgub Kediri. Tari Tekate kemudian mengiringi tarian selamat datang sebelum dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Puncak acara berlangsung pada pukul 19.40 WIB, saat prosesi serah terima maskot Pilkada dilakukan. Penyerahan maskot dilakukan dari KPU Kota Kediri ke KPU Kabupaten Kediri, yang diikuti dengan penandatanganan berita acara serah terima oleh kedua pihak.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas suksesnya acara ini. Menurut dia, kegiatan ini menjadi sarana untuk memacu semangat dalam menyelenggarakan pesta demokrasi yang tertib dan baik.

“Kami sangat bersyukur dan bangga bisa menjadi tuan rumah dalam acara serah terima maskot Pilkada Serentak 2024 ini. Kirab maskot ini bukan hanya simbol semangat demokrasi, tapi juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan umum,” ujar Nanang.

Nanang juga mengingatkan masyarakat untuk menggunakan akal sehat dalam menentukan pilihan pada Pilkada ini. “Pilihan kita menentukan masa depan Kediri dan Jawa Timur lima tahun ke depan. Walaupun pilihan bisa berbeda, kita tetap saudara,” tambahnya.

Sukadi, Asisten Pemerintah Administrasi dan Kesra dari perwakilan Pemerintah Kabupaten Kediri, juga menyampaikan sambutan yang penuh semangat. Usai sambutan, para hadirin disuguhi pertunjukan seni Tiban yang memukau.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur turut memberikan sambutannya sebelum acara memasuki pembacaan Deklarasi Pilkada Serentak 2024. Deklarasi tersebut dibacakan secara khidmat pada pukul 20.10 WIB, diikuti dengan penandatanganan deklarasi oleh para tokoh yang hadir.

Acara ditutup dengan penampilan DJ Tanti dan senam bersama yang menambah kemeriahan serta semangat kebersamaan di akhir acara. Lagu “Tanah Airku” yang dinyanyikan bersama-sama semakin meneguhkan semangat cinta tanah air sebelum kirab maskot dilepas untuk melanjutkan perjalanannya di Kabupaten Kediri. (adv/wan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini