Desa Brangkal Kabupaten Mojokerto. Bongkah.id/google/
Desa Brangkal Kabupaten Mojokerto. Bongkah.id/google/

Bongkah.id – Tiap desa memiliki sejarahnya sendiri, termasuk desa Brangkal, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Dari cerita dongeng sejarah asal muasal desa Brangkal, Mojokerto yang diceritakan turun temurun dari mulut ke mulut. Yang paling populer cerita asal mula nama desa Brangkal, kala itu wilayah tersebut masih berupa hutan lebat dan dikelilingi sungai-sungai terkenal angker.

ads

Konon tidak ada semua orang dapat menyeberangi sungai-sungai (Nyabrang Kali istilah jawa). Karena aura magis yang ada di sungai tersebut cukup kuat seperti dikutip dari website resmi desa Brangkal, Kabupaten Mojokerto.

Seiring berjalannya waktu ada sesosok laki-laki paruhbaya yang mempunyai kekuatan supranatural mencoba menyeberangi sungai, setelah beliau berhasil menyeberanginya dan melakukan pertapaan di sekitar bantaran sungai.

Sosok laki-laki paruhbaya tersebut adalah Mbah Musho. Beliau adalah salah seorang yang pertama kali yang singgah di daerah tersebut (wilayah sekarang menjadi desa Brangkal) atau sering dikenal sebagai orang yang pertama kali Babat desa Brangkal.

Menurut cerita beliau hidup dan tinggal di wilayah sekitar sungai yang sekarang menjadi pemakaman umum desa Brangkal.

Diceritakan pula pada zaman Kolonial Belanda di desa Brangkal terdapat Markas Belanda yang wilayahnya sekarang menjadi Pondok Pesantren Al Ihsan, terdapat juga kantor pemerintahan Kecamatan yang dikenal dengan istilah Onderan tepatnya sekitar RT. 005 RW. 001 disamping jalan Raya Brangkal (Jombang – Surabaya). (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini