Seminar perkebunan yang digelar oleh Disperta Jombang./bongkah.id/Karimatul Maslahah/
Seminar perkebunan yang digelar oleh Disperta Jombang./bongkah.id/Karimatul Maslahah/

Bongkah.id – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pertanian (Disperta) Jombang gelar seminar bertema ‘upaya pelestarian varietas unggul lokal tembakau dalam rangka peningkatan mutu dan produktifitas tanaman tembakau di Kabupaten Jombang’.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Much Rony menjelaskan bahwa kegiatan seminar Bimtek Perkebunan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para petani di Kabupaten Jombang.

ads

“Seminar ini menggunakan anggaran DBHCHT tahun 2024, tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan para petani,” ujarnya, Selasa (22/10/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya sangat terbantu dengan adanya dana bagi hasil cukai hasil tembakau di DBHCHT. Di Dinas Pertanian yang menerima dana DBHCHT sepenuhnya difokuskan untuk membantu para petani di Kabupaten Jombang dalam berbudidaya.

“Dari dana cukai DBHCHT tersebut hampir separuhnya dipergunakan untuk bantuan pupuk non subsidi, yang kami bantukan kurang lebih pada 5900 hektar,” jelasnya.

Selain untuk pembelian pupuk non subsidi, dana DBHCHT yang Dinas Pertanian terima juga digunakan sebagai pembelian peralatan pertanian.

“Peralatan itu untuk menunjang para petani tembakau di Kabupaten Jombang,” kata dia.

Selain itu, Disperta juga menggelar pelatihan dan bimbingan teknis untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para petani di Kabupaten Jombang yang menggunakan dana DBHCHT. (ima/rf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini