Rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Kediri dengan agenda penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2024 di Aula Hotel Lotus Garden, Kota Kediri, Jumat (20/9/2024).

Bongkah.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) serta Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kediri Tahun 2024. Jumlah pemilih sebanyak 1.254.964 orang terdiri dari 630.299 laki-laki dan 624.665 perempuan.

KPU Kabupaten Kediri menetapkan DPT Pilkada serentak tahun 2024 dalam rapat pleno terbuka di Aula Hotel Lotus Garden, Kota Kediri, pada Jumat (20/9/2024) mulai pukul 10.00 WIB. Adapun jumlah pemilih sebanyak 1.254.964 jiwa tersebar di 2.348 Tempat Pemungutan Suara (TPS)  di 344 desa.

ads

“Total jumlah DPT sebanyak 1.254.964 orang. Pemilih laki-laki 630.299 orang dan pemilih perempuan 624.665 orang,” kata Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Kediri, Moh Isnaini.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim, menegaskan bahwa validitas dan akurasi data pemilih sangat penting untuk memastikan kelancaran dan integritas proses pemilihan. Pihaknya juga memastikan proses verifikasi dan validasi pemilih juga berlangsung transparan.

“Dengan jumlah pemilih yang besar ini, koordinasi dan kerja sama antar seluruh pihak sangat diperlukan agar pemilihan dapat berjalan dengan lancar dan demokratis,” ujar Nanang.

Rapat pleno tersebut turut dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk pejabat KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), perwakilan dari Polri dan TNI, pemantau pemilu dari kejaksaan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kediri, serta Liaison Officer (LO) dari pasangan calon. Kehadiran berbagai pihak ini menegaskan komitmen bersama dalam menjaga integritas dan kelancaran pemilu di Kabupaten Kediri.

“Dengan penetapan DPT ini, diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Kediri dapat berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi yang akan datang. Sekaligus memastikan hak pilih mereka terlindungi dan terfasilitasi dengan baik,” demikian Nanang. (adv/wan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini