Monumen perjuangan Polri.
Monumen perjuangan Polri di Surabaya.

Bongkah.id – Peringatan Hari Juang Polri pada tanggal 21 Agustus, menjadi moment perayaan pertama kali bagi institusi Korps Bhayangkara.

Peringatan ini bertepatan dengan peristiwa perjuangan Polisi Istimewa pada tahun 1945 melawan penjajah.

ads

Penetapan tanggal 21 Agustus dilakukan mengingat terjadi peristiwa Proklamasi Polisi Republik Indonesia, yang dilakukan oleh Polisi Istimewa dibawah pimpinan Inspektur Polisi Kelas 1 Moehammad Jasin pada 21 Agustus 1945.

Mochammad Jassin yang juga menjabat sebagai Komandan Polisi di Surabaya memproklamasikan Pasukan Polisi Republik Indonesia. Sebagai langkah awal yang dilakukan selain mengadakan pembersihan dan pelucutan senjata terhadap tentara Jepang yang kalah perang.

Kala itu terdapat sekitar 250 orang anggota Kesatuan Polisi Istimewa berkumpul di halaman depan markas Polisi Istimewa.

Kini markas itu menjadi sekolah Saint Louis, di Jalan Polisi Istimewa, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Dibawah kibaran bendera Merah Putih, M Jasin tampil membacakan teks Proklamasi Polisi yang telah disiapkan diikuti oleh seluruh personel Polisi Istimewa.

Sementara itu, Pasukan Polisi Republik Indonesia dibentuk juga untuk membangkitkan semangat moral dan patriotik seluruh rakyat maupun satuan-satuan bersenjata yang sedang dilanda depresi karena perang yang panjang.

Kepala Kepolisian sendiri baru dilantik pada tanggal 29 September 1945. Presiden Soekarno melantik R.S. Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadi Kepala Kepolisian Negara (KKN).

Dengan adanya hari ini juga membawa semangat bagi seluruh jajaran anggota Kepolisian RI untuk bisa menyatukan tekad dan jiwa patriotisme sebagai Polisi Indonesia.

Hari Juang Polri resmi ditetapkan melalui Keputusan Kapolri Nomor: KEP/95/I/2024 tanggal 22 Januari 2024 tentang Hari Juang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VII/2024 tanggal 12 Agustus 204 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri.

“Peringatan Hari Juang Polri ini bertujuan untuk mengenang perjuangan para polisi dalam meraih kemerdekaan pada jaman penjajahan dan menjaga keamanan negara,” kata Komandan Pasukan Pelopor Korbrimob Polri Brigjen Pol Waris, Selasa (20/8/2024). (addy/rf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini