Petugas KPU Jombang saat merakit logistik di gudang Pandawangi. Foto: bongkah.id/Karimatul Maslahah.

Bongkah.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang selesai memeriksa kotak suara pemilhan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. Terdapat 8 kotak suara yang rusak sehingga harus diganti.

Delapan kotak suara yang rusak diketahui setelah dilakukan penyortiran dan perakitan. KPU Jombang telah melayangkan surat kepada pihak penyedia untuk mengganti kotak suara yang rusak.

ads

“Ada 8 kotak suara rusak dari total 3.900 kotak suara yang kami terima,” ujar Ketua KPU Jombang Ahmad Udi Masjkur, Sabtu (19/10/2024).

Proses perakitan kotak suara yang berjumlah 3.900 itu telah selesai. Kini, KPU tinggal menunggu hasil ganti 8 kotak suara baru dari penyedia.

“Sudah kami ajukan proses retur. Insya allah sudah dilakukan proses penggantian,” tambahnya.

Udi menambahkan, semua logistik tahap 1 sudah tiba di KPU Jombang. Di antaranya, 3.900 kotak suara, 23.304 buah segel, dan tinta 3.884 yang terdiri dari 70 boks dan 7.768 bilik suara.

Saat ini, pihaknya menunggu kedatangan logistik tahap 2 khususnya surat suara yang rencana tiba di KPU Jombang minggu depan. Jika tidak ada kendala, pengirimannya diperkirakan tanggal 21 Oktober.

“Nantinya kami akan menjadwalkan tahapan proses sortir dan lipat yang rencananya di gedung Tenis Indoor,” pungkas Udji. (ima/bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini