Spesimen surat suara Pilkada Jombang 2024.

Bongkah.id – Persaingan Pemilihan Presiden 2024 rupanya masih merembet di kontestasi Pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) Jombang. Hal itu terlihat dari baju dua pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Jombang pada surat suara identik dengan kemeja capres-cawapres dari partai pengusung yang sama.

Pada sudat suara yang dicetak, terlihat pasangan nomor urut 1 Mundjidah Wahab – Sumrambah (MuRah) mengenakan kemeja putih, seperti baju yang dikenakan oleh Paslon pilpres nomor urut 1 dan 3. Cabup-Cawabup petahana Jombang itu diusung oleh PDIP-PPP sebagai parpol  pengusung capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Partai Demokrat.

ads

Sedangkan pasangan calon nomor urut 2 Warsubi – Salmanudin Yazid (WarSa) mengenakan kemeja berwarna biru. Pakaian tersebut sangat identik dengan yang dipakai oleh psangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

“Insya Allah surat suara sudah proses cetak dummy oleh penyedia,” kata Ketua KPU Jombang Ahmad Udi Masjkur, Kamis (17/10/2024).

Pria yang akrab disapa Udi itu merinci, jumlah Pemilih yang masuk pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilbup Jombang 2024 sebanyak 1.012.800. Sementara KPU membutuhkan 1.039.060 surat suara.

“Jumlah tersebut susah termasuk cadangan 2,5 dari DPT per Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata dia.

Udi mengatakan, penyedia akan menyelesaikan proses pencetakan pekan ini. Kemudian akan dikirim ke KPU Jombang pekan depan setelah proses packing selesai.

“Insyaallah dijadwalkan tanggal 17 Oktober selesai dan dikirim penyedia tanggal 21 Oktober ke KPU Jombang,” paparnya.

Setelah datang dan diterima KPU Jombang, rencananya surat suara akan disortir dan dilipat. Proses sortir dan lipat itu bakal dikerjakan di Gedung Tenis Indoor Jombang.

“Nanti akan kita lakukan di Gedung Tenis Indoor Jombang. Saat ini terus komunikasi dengan Pemkab Jombang,” pungkasnya. (ima/bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini