Petugas menunjukkan kotak suara untuk Pilgub Jatim dan Pilbup Jombang. Foto: bongkah.id/Karimatul Maslahah.

Bongkah.id – KPU Kabupaten Jombang telah menerima 3.900 lebih kotak suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Seluruh logistik disimpan di Gudang KPU dan mendapat penjagaan ketat dari petugas gabungan selama 24 jam.

Sebanyak 3.900 lebih kotak suara tersebut akan digunakan dalam proses pencoblosan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur dan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) Jombang. Logistik distribusi tahap pertama itu tiba di Gudang KPU Jombang pada Jum’at (13/9/2024).

ads

“Logistik yang datang sudah sesuai kontrak. Kotak suara ini tiba tanggal 13 kemarin hari Jum’at dan lengkap semua sejumlah 3.900-an,” kata Ketua KPU Jombang, Ahmad Udi Masjkur, Selasa (17/9/2024).

Ribuan kotak suara tersebut akan disebar di 1.942 TPS. Masing-masing TPS disediakan dua buah yakni untuk Pilgub Jatim dan Pilbup Jombang.

Udi mengatakan, KPU masih terus menunggu pendistribusian logistik tahap satu lainnya. Antara lain , bilik suara, tinta, segel dan perlengkapan lainnya.

“Untuk tahap satu, logistik yang lain masih proses produksi, nanti pengiriman ke tempat penyimpanan atau ke gudang KPU sampai nanti tanggal 3 Oktober. Ada bilik pemungutan suara, ada segel, ada tinta, terus ada kantong,” ujar Udi.

Selanjutnya, pada pengiriman logistik tahap dua nanti, KPU akan menerima surat suara untuk Pilgub Jatim dan Pilbup Jombang. Selain itu juga, ada juga formulir, alat bantu pencoblosan untuk difabel.

“Terus ada juga sampul kertas daripada formulir itu, terus ada juga kotak hasil,” ucap Udi.

Dia menegaskan bahwa distribusi logistik ini sudah terjadwal sesuai dengan tahapan yang dilakukan oleh KPU. Yakni untuk distribusi logistik tahap satu, itu mulai tanggal 3 September hingga tanggal 3 Oktober.

“Untuk tahap dua mulai tanggal 1 September sampai 1 Oktober sama 31 hari kalender,” jelasnya. Sedangkan untuk proses pelipatan, penyortiran dan lainnya akan dilakukan mulai 1-26 Oktober 2024.  (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini