Para kepala desa yang tergabung dalam Kompakdesi saat mengantarkan Paslon MuRah mendaftar ke KPU Jombang. Foto: bongkah.id/Karimatul Maslahah.

Bongkah.id – Ratusan mantan kepala desa menyatakan dukungan kepada pasangan calon (Paslon) petahana Mundjidah Wahab – Sumrambah (MuRah) pada Pilkada Jombang 2024. Deklarasi terbuka ini memupuskan harapan Bacabup Warsubi untuk menggaet sokongan dari para sesama eks kades.

Warsubi diketahui pernah menjadi Kepala Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, sebelum memutukan mundur dari jabatannya pada awal Agustus 2024 lalu untuk maju di Pilkada Jombang. Sebagai mantan kades 3 periode, bacabup yang diusung PKB, Gerindra, PKS, Partai Golkar, Partai NasDem itu sempat diyakini bakal meraup dukungan dari rekan-rekannya yang satu profesi dulu.

ads

Namun, kenyataan berkata lain. Ratusan mantan kades yang tergabung dalam Komunitas Purna Bhakti Kepala Desa Indonesia (Kompakdesi) Jombang justru melabuhkan dukungan kepada paslon petahana.

Kompakdesi Jombang diketahui beranggotakan 275 orang mantan kades. Anggota organisasi ini terpantau juga ikut mengawal pasangan MuRah saat mendaftar ke KPU Jombang pada Selasa (28/8/2024) lalu.

“Hampir 80 persen (mantan Kades di Jombang) mendukung Mundjidah – Sumrambah untuk memimpin Jombang lagi,” kata Ketua Kompakdesi Jombang Arif Affandi, Selasa (17/9/2024).

Kompakdesi membeber alasan mendukung calon petahana. Menurut Arif, Mundjidah dan Sumrambah merupakan duet pemimpin yang dibutuhkan masyarakat di Kota Santri ini.

“Kami mendukung pasangan ini karena sudah terbukti di masyarakat sangat baik dan juga mudah diajak musyawarah atau koordinasi,” kata mantan Kades Watugaluh, Kecamatan Diwek, itu.

Selain itu, Arif menilai, program pembangunan insfrastruktur dari pasangan petahana selama periode pertama 2018-2023 telah terbukti berdampak positif bagi masyarakat Jombang. Oleh karena itu, Kompakdesi ingin pasangan petahana melanjurkan program-programnya, khususnya di bidang pertanian.

“Makanya mantan kepala desa mendukung Bu Mundjidah dan Mas Rambah untuk memimpin lagi,” tegasnya.

Lebih lanjut Arif menambahkan, duet MuRah adalah pasangan yang kompak dan saling melengkapi. Mundjidah merupakan putri dari pendiri NU KH Abdul Wahab Chasbullah yang kini aktif memimpin Muslimat NU dan PPP Jawa Timur. Sementara Sumrambah yang suka blusukan saat ini memimpin HKTI Jawa Timur.

“Di Jombang sosok yang dibutuhkan masyarakat ya seperti Mundjidah-Sumrambah, ini pasangan yang serasi aluqs cocok mas,” jelasnya.

Dukungan dari Kompakdesi Jombang mendapat penguatan dari pengurus tingkat Jawa Timur. Alasannya, sudah teruji dengan program pembangunan yang berdampak positif bagi masyarakat bawah.

“Mendukung DPD Kompakdesi tingkat 2 Jombang untuk mendukung pencalonan kembali Mundjidah dan Sumrambah,” kata Sigit Wicaksono.

Sementara itu, Mundjidah menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Kompakdesi Jombang itu. Dia mengaku, dukungan tersebut bakal menambah suntikan semangat dan optimism bagi pasangan MuRah untuk memenangkan Pilkada Jombang.

“Mudah-mudahan langkah kami diridhoi Allah SWT demi kemajuan Jombang kedepannya,” pungkas Mundjidah. (ima/bid)

foto : Kompakdesi saat mengantarkan Paslon MuRah daftar ke KPU Jombang./bongkah.id/Karimatul Maslahah/

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini