Komisioner KPU Kota Kediri memaparkan tahapan Pilkada Serentak 2024 dalam acara Media Gathering III di Ewok Cafe, Jalan Kawi, Kota Kediri, Minggu (13/10/2024) malam. Foto: bongkah.id/Iwan.

Bongkah.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menggelar membahas tahapan Pilkada Serentak 2024 dengan para awak media. Forum Media Gathering III dalam rangka sosialisasi agenda pilkada sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilwali Kediri 2024.

Media Gathering III digelar di Ewok Cafe, Jalan Kawi, Kota Kediri, Minggu (13/10/2024) malam. Acara ini dihadiri oleh Ketua KPU Kota Kediri, Reza Cristian, beserta jajaran komisioner dan diikuti oleh puluhan jurnalis lokal.

ads

Komisioner yang hadir dalam kegiatan ini antara lain Adiba Zaimatul Sofi, Roihatul Jannah dari Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Nia Sari. Lalu, dari Divisi Teknis Data dan Informasi, Imam Murofik dari Divisi Hukum, serta Sekretaris KPU Fany Widjayanto.

Ketua KPU Kota Kediri, Reza Cristian, menjelaskan, persiapan Pilkada Serentak 2024 telah berjalan sesuai rencana, termasuk proses pencetakan surat suara yang akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2024 di percetakan Temprina Nganjuk. Pencetakan surat suara akan diawasi secara ketat oleh KPU, Bawaslu, dan pihak kepolisian.

“Desain surat suara sudah mendapatkan persetujuan, dan proses pencetakan segera dimulai. Kami juga menyediakan tambahan cadangan sebanyak 2 persen dari jumlah daftar pemilih tetap untuk antisipasi,” ujar Reza.

Reza juga menjabarkan jadwal debat calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri, yang mempertemukan pasangan calon Vinanda Prameswati – KH Qowimuddin Thoha (Gus Qowim) dengan pasangan Ferry Silviana Feronica – Regina Nadya Suwono. Debat pertama akan digelar pada 1 November 2024, setelah semula dijadwalkan pada 30 Oktober namun harus diundur karena bentrok dengan agenda KPU Provinsi Jawa Timur.

“Kami telah menjadwalkan dua debat, yang pertama pada 1 November dan yang kedua pada 20 November. Meski ada kesempatan untuk tiga kali debat, namun karena waktu yang terbatas, kami hanya melaksanakan dua kali debat,” tambah Reza.

Acara Media Gathering III juga menghadirkan dua narasumber, yakni Wahyudi, mantan Komisioner KPU Kota Kediri, dan Hari Tri Wasono, jurnalis senior. Dalam paparannya, Wahyudi menekankan pentingnya kerjasama yang solid antara KPU dan media untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang akurat dan mudah diakses, guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada.

“KPU dan media harus bersinergi agar seluruh informasi terkait Pilkada dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, sehingga partisipasi pemilih dapat meningkat,” kata Wahyudi.

Senada dengan Wahyudi, Hari Tri Wasono juga menekankan peran vital media dalam menjaga keseimbangan dan objektivitas berita terkait Pilkada, agar masyarakat dapat membuat pilihan yang tepat berdasarkan informasi yang akurat.

Dengan Media Gathering ini, KPU Kota Kediri berharap sinergi dengan media lokal dapat semakin kuat, sehingga tahapan Pilkada Serentak 2024 berjalan sukses dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi di Kota Kediri. (wan/bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini