Pj Bupati Jombang Sugiat (kanan) saat memeriksa hewan kurban di Denanyar, Kamis (13/6/2024). Bongkah.id/Karimatul Maslahah/
Pj Bupati Jombang Sugiat (kanan) saat memeriksa hewan kurban di Denanyar, Kamis (13/6/2024). Bongkah.id/Karimatul Maslahah/

bongkah.id – Jelang Idul Adha, petugas Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, melakukan sidak pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan sapi dan kambing yang dijual untuk kurban benar-benar sehat dan memenuhi syariat sebagai hewan kurban.

ads

“Kita laksanakan pemeriksaan hewan kurban untuk mengetahui bahwa hewan kurban ini betu betul sehat,” ujar Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Agus Susilo, Kamis (13/6/2024).

Dari 189 titik lapak dari 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang yang di datangi dan dilakukan pemeriksaan, petugas tidak menemukan hewan yang terindikasi mengidap penyakit berbahaya.

“Antisipasi sejak satu bulan yang lalu melaksanakan vaksin secara masif di beberapa tempat, semua sudah vaksin sehingga saat ini kabupaten Jombang zero tidak ada laporan penyakit untuk hewan,” jelasnya.

Sehingga hewan yang dipastikan sehat itu diberikan surat keterangan sehat oleh Dinas Peternakan.

“Nanti juga diberikan surat keterangan sehat hewan, agar masyarakat melaksanakan ibadah idul adha berjalan dengan lancar masyarakat juga cukup puas,” jelasnya.

Hadir pula Pj Bupati Jombang Sugiat yang turut menyerahkan surat keterangan sehat hewan kurban kepada pemilik lapak.

“Alhamdulillah ada kambing dan sapi, terlihat sehat sehat,” kata dia.

Sugiat juga menjelaskan, jika masuk keluarnya hewan di Kabupaten Jombang tetap terkontrol untuk mengantisipasi adanya penyakit.

“Untuk mengantisipasi penyakit, hewan yang dari luar Jombang tetap terkontrol jadi sebelum masuk itu dikarantina kemudian di vaksin oleh Disnak,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini