Fasilitas bermain di RTH Kebon Rojo, Jombang yang kondisinya rusak akhirnya dijadikan tong sampah.

Bongkah.id – Fasilitas bermain untuk anak-anak di ruang terbuka hijau (RTH) Taman Kebon Rojo, Jombang, Jawa Timur, terbengkalai. Sarana permainan yang rusak malah berakhir menjadi tong sampah.

“Ironis ya, di dalamnya banyak sampah. Selain itu, perosotan juga membutuhkan perbaikan, karena sudah banyak yang ambrol dan hanya ditali dengan rafia. Harusnya segera diperbaiki itu,” kata Amina (40) salah satu pengunjung, Selasa (12/12/2023).

ads

Menurut dia, sarana bermain yang paling mengkhawatirkan adalah perosotan. Sebab, kondisinya rusak dikhawatirkan apabila digunakan untuk anak-anak akan jatuh.

“Masa perbaikan hanya ditali dengan rafia saja,” ujar Amina.

Amina pun menjelaskan bahwa, kondisi RTH taman Kebon Rojo ini cukup ramai apabila hari minggu atau liburan karena posisinya ada di jantung kota. “Kalau seperti ini juga tidak enak dipandang juga,” ucap dia.

Sementara itu, Kabid Pengolahan Sampah dan RTH Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang Amin Kurniawan mengaku, pihaknya akan melakukan perbaikan pada fasilitas taman bermain itu. “Kalau perbaikan-perbaikan kecil kami bisa lakukan,” kata Amin.

Namun demikian, untuk melakukan rehabilitasi secara menyeluruh. DLH saat ini sudah meminta anggaran dari pusat. “Kami memang mempunyai rencana untuk rehabilitasi. Saat ini anggaran sudah kita ajukan ke pemerintah pusat,” ujar Amin.

Amin mengakui pihaknya tidak mengetahui pasti kapan anggaran tersebut bisa direalisasikan pemerintah pusat.

“Kalau itu saya masih belum tahu apakah nanti akan turun pada tahun 2024 atau 2025. Semoga secepatnya bisa turun dan rehabilitasi bisa segera dilakukan,” tutur dia. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini