Bakal calon Gubernur Jatim, Tri Rismaharini (tengah) berdialog dengan nelayan saat blusukan di TPI Sidoarjo, Sabtu (7/9/2024). Bongkah.id/Yoga/
Bakal calon Gubernur Jatim, Tri Rismaharini (tengah) berdialog dengan nelayan saat blusukan di TPI Sidoarjo, Sabtu (7/9/2024). Bongkah.id/Yoga/

Bongkah.id – Gaya blusukan menjelang Pilkada serentak 2024 demi meraup simpati masyarakat, tetap dipertahankan mantan Wali Kota Surabaya yang juga bakal calon Gubernur Jawa Timur, Tri Rismaharini.

Diplomasi ala blusukan tersebut dilakukan Risma bersama bakal calon Wakil Gubernur Jatim, Zarul Azhar Asumta Gus Hans di dua tempat pelelangan ikan (TPI) Kabupaten Sidoarjo pada, Sabtu (7/9/2024).

ads

Menurut Zarul Azhar Asumta, Risma memang gemar melakukan blusukan untuk mengetahui secara langsung terkait situasi dan kondisi. Maupun keluhan masyarakat bawah.

“Sebelum menjadi Mensos, Bu Risma saat mejabat sebagai Wali Kota Surabaya memang senang sekali blusukan ke berbagai tempat. Untuk memastikan kondisi masyarakat secara langsung,” kata Gus Hans.

Seperti halnya hari ini, Risma sengaja memilih kawasan TPI di Sidoarjo untuk mengetahui secara langsung kondisi yang ada.

“Jadi, memang Bu Risma ini punya pengalaman banyak sekali. Beliau pernah ke Taiwan, pernah juga ke Korea. Beliau melihat banyak potensi ikan yang bisa di optimalkan,” jelasnya.

Di TPI Lingkar Timur contohnya, lanjut Gus Hans. Di kawasan tersebut masih terkendala infrastruktur. Sehingga tempat yang seharusnya banyak dikunjungi masyarakat saat ini menjadi tak begitu menarik.

“Nah, padahal disana ada potensi perputaran uang. Tadi beliau menyampaikan bahwa infrastruktur harus diperbaiki,” tandas dia.

Jika hal itu terealisasi, menurut Gus Hans maka tempat tersebut akan menjadi andalan. Karena memiliki potensi lebih besar dari pada Kenjeran

Selain perbaikan infrastruktur, Gus Hans menilai perlu adanya pembenahan mentalitas. Sebab meski perbaikan infrastruktur sudah dilakukan, jika mental kebersihan tidak dibangun, maka tempat tersebut juga tidak akan menarik dan berkembang.

“Jadi, kebersihan ini memang sangat penting dan perlu dibangun. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk kedepannya,” tandas Gus Hans memungkasi. (yg/rf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini