Jembatan Darurat Desa Kedungpeluk Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.
Jembatan Darurat Desa Kedungpeluk Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.

Bongkah.id – Jembatan akses satu-satunya Desa Kedungpeluk, Kecamatan Candi ke Kota Sidoarjo ambruk. Akibatnya kendaraan roda empat tidak bisa melewati jembatan tersebut.

Karena jembatan tersebut tak kunjung dipasang warga memasang jembatan darurat dengan swadaya.

ads

Salah satu warga Desa Kedungpeluk, Mochamad Sofi mengatakan jembatan yang dibangun oleh warga hanya jembatan darurat. Jembatan darurat tersebut digunakan agar perputaran ekonomi dan aktifitas warga bisa berjalan lancar.

“Jembatan darurat ini di pasang pada Senin (29/7) kemarin malam. Pembuatan jembatan itu untuk memudahkan akses pengiriman hasil tambak. Apabila menunggu jembatan bailey warga desa yang mayoritas mengandalkan hasil tambak akan bangkrut,” ujar salah satu warga Mochamad Shofi, Selasa (30/7/2024).

Mochamad Sofi juga mengatakan pembangunan jembatan darurat ini adalah hasil dari gotong royong warga yang menghasilkan puluhan juta, dari dana tersebut warga membangun secara mandiri.

“Warga membuat jembatan darurat menghabiskan dana puluhan juta dari Haji Rohmawan, salah satu pengusaha asli warga Desa Kedungpeluk. Ini untuk memudahkan akses warga yang membutuhkan secepatnya transportasi pengiriman hasil tambak,” imbuh Soffi.

Soffi menambahkan jembatan darurat itu hanya bisa dilewati mobil pribadi dan mobil pikup yang mengangkut hasil tambak. Sebelumnya mereka mengirim hasil tambaknya dengan sistem estafet yang butuh tambahan biaya.

“Meski cara melewati jembatan darurat tersebut bergantian, tapi warga sudah merasa lega proses pengiriman hasil petani tambak cukup lancar,” kata Soffi.

Untuk diketahui ambrolnya jembatan Kedungpeluk itu terjadi pada Selasa (16/7) sekitar pukul 12.00 WIB. Warga Desa Kedungpeluk sempat hanya bisa memanfaatkan dam air sebagai jalan khusus roda 2, sedangkan untuk roda empat lumpuh total. (yg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini