Psnagan calon petahana Pilkda Jombang, Mundjidah-Sumrambah usai melakukan pendaftaran Cabup-Cawabup di KPU, Selasa (27/8/2024). Foto: bongkah.id/Karimatul Maslahah.

Bongkah.id – Bakal calon Bupati (Cabup) dan Wakil Bupati (Bacawabup) petahana Jombang memandang sebelah mata koalisi gemuk partai pendukung lawannya, Warsubi-Salman (WarSa). Pasangan Mundjidah-Sumrambah yakin masih bisa meraup dukungan dan simpati masyarakat lebih besar dibanding rivalnya di Pilkada Jombang  2024.

Kontestasi Pilkada Jombang tahun 2024 mengerucut hanya dua pasangan calon, yakni head to head petahana Mundjidah-Sumrambah (MuRah) melawan Warsubi-Salman WarSa. Rivalitas kedua pasang calon diprediksi bakal sengit.

ads

MuRah memiliki modal besar sebagai pasangan calon petahana. Sementara rivalnya, WaRsa unggul dari sisi gerbong politik yang gemuk karena diusung lima partai pemilik kursi di parlemen dan parpol non parlemen.

Partai Gerindra, PKB, Golkar, PKS, Nasdem, PAN, PSI dan Gelora menamai gerbong mereka Koalisi Jombang Maju baru saja mendelarasikan dukungan kepada WarSa, Selasa (27/8/2024). Sedangkan pasangan petahana, MuRah, yang sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum diusung koalisi PDI-P, PPP, Demokrat dan Hanura.

Baca Juga: Daftar Pertama ke KPU, Pasangan Petahana Bupati-Wakil Bupati Jombang Optimis Lolos

“Kami tidak melihat ada koalisi Gemuk atau tidak,” kata bacawabup petahana, Sumrambah usai pendaftaran di KPU Jombang, Selasa (27/8/2024).

Kalkulasi dukungan di atas kertas, WarSa yang mendapat suntikan modal 60% lebih suara berdasar hasil Pemilu 2024 dari partai Koalisi Jombang Maju, sedikit lebih unggul dibanding petahana. Adapun pasangan MuRah mendapat suntikan hanya 36,34% suara dari empat partai pengusungnya yakni PDI Perjuangan, PPP, Partai Demokrat dan Hanura.

Baca Juga: Pasangan WarSa Optimis Menang 70% Suara di Pilkada Jombang, Partai Parlemen dan Gurem Bergabung

Namun begitu, Mundjidah tak gentar dengan besarnya dukungan elit politik di kubu lawan. Sebagai calon petahana, dia yakin suara masyarakat masih menghendaki  dirinya bersama cabup Mundjidah Wahab untuk melanjutkan pembangunan di Jombang.

“Bismillah, kami yakin hati rakyat Kabupaten Jombang masih kepada kami,” pungkas dia. (ima/bid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini