Ilustrasi
Ilustrasi

Bongkah.id – Sosok Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang nonaktif, menjadi sorotan masyarakat. Karena video rekaman CCTV dugaan sedang berbuat tindak melanggar kesusilaan atau mesum di ruang kerjanya.

Kepala Disdikbud, Senen dan Sekretaris Disdikbud Jombang, Dian Yunitasari dinonaktifkan sementara dari jabatannya oleh Pj Bupati, Teguh Narutomo. Lantaran menjalani pemeriksaan terkait video yang beredar tersebut.

ads

“Bahwa dalam PP 94 nomor 40 menjelaskan, semua ASN yang sedang dilakukan pemeriksaan dilakukan pembebasan itu yang saya lakukan disini. Bahwa bapak Senen dan bu Sekdin (P dan K Jombang-red), sedang dilakukan pemeriksaan. Jadi kita bebaskan sementara,” kata Narutomo usai menyerahkan SK pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (23/8/2024).

Profil Senen Kadisdikbud Jombang Nonaktif

Pria kelahiran Kediri 18 Juni 1971 itu sebenarnya memiliki prestasi yang cukup mentereng, sebelum dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang.

Saat menjabat sebagai Camat Wonosalam Jombang, Senen merupakan salah satu pejabat yang mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jatim, Soekarwo sebagai Camat berprestasi.

Ia juga pelopor event tahunan Kenduri Wonosalam yang kini telah menasional.

Senen, sendiri mengawali pendidikan di SDN Titik Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri lulus 1984. Kemudian SMPN lulus 1987 dan SMAN 5 Kediri lulus 1990.

Usai lulus SMA, Senen mengenyam pendidikan di STPDN (Sekarang IPDN) Jatinangor Bandung dengan jurusan D3 Pemerintahan.

Setelah lulus, Senen kemudian ditempatkan di Unit Pegawaian (UP) di Jombang 1993. Dua tahun setelah itu, ia diangkat menjadi Kepala urusan pemerintahan Kecamatan Jombang 1995-1996.

Kemudian, Senen melanjutkan pendidikan di Universitas Brawijaya Malang jurusan administrasi pemerintahan dan lulus 1998.

Perjalanan Karir Senen

Setelah merampungkan program sarjana, Senen ditempatkan di Bagian Pemerintahan Desa. Setahun kemudian, diangkat menjadi Kasubag Otonomi Daerah 1999 sampai 2003.

Senen kemudian dimutasi menjadi Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Ploso. Di Kecamatan Ploso, Senen cukup lama menjabat.

Baru pada 2007 ia dipindah menjadi Sekcam Mojoagung. Kemudian 2009 diangkat menjadi Camat Wonosalam pada masa Bupati Suyanto.

Saat menjabat sebagai Camat Wonosalam itulah dirinya pernah meraih prestasi bergengsi. Camat berprestasi tingkat Jawa Timur dalam lomba camat teladan dan lomba integritas tingkat Provinsi Jawa Timur.

Lebih dari itu, sebagai Camat Wonosalam, Senen juga menjadi pelopor digelarnya event Kenduri Wonosalam. Namun, pada 2012 Senen, dimutasi menjadi Camat Mojoagung sampai 2016.

Tahun 2017 Senen, mulai dipercaya menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-PPA) Jombang setelah lolos assesmen. Setahun kemudian, Senen ditempatkan di BKD-PP atau BKPSDM Jombang hingga Tahun 2021.

Senen, akhirnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang pada tahun 2022 sampai dia dinonaktifkan di bulan Agustus 2024.

Karir Instan Sekretaris Disdikbud Jombang

Tidak seperti Senen, yang mengawali karir dari nol hingga mejabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang.

Karir Sekretaris Disdikbud nonaktif, Dian Yunitasari melesat dari guru biasa tiba-tiba saja, bisa menduduki jabatan Kabid Kebudayaan di Dinas P dan K Jombang.

Tak berselang lama, pada September 2023, perempuan kelahiran Madiun, 4 Juni 1981 menduduki kursi Sekretaris Dinas P dan K Jombang. (ima/rf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini