Nuriadi saat dimintai keterangan usai melakukan penetapan Paslon. Foto: bongkah.id/Karimatul Maslahah.

Bongkah.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang menetapkan dua pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) di Pilkada serentak 2024. Kedua paslon yang ditetapkan yakni Mundjidah Wahab – Sumrambah (MuRah) dan Warsubi – Salmanudin Yazid (WarSa).

Komisioner KPU Jombang Devisi Teknis dan Penyelenggara, Nuriadi menyampaikan, penetapan kedua paslon Bupati-Wakil Bupati berdasarkan keputusan KPU Jombang nomor 1459 Tahun 2024 dengan berita acara nomor 225/PL.02.3- BA/3517/2024.

ads

“Kegiatan hari ini adalah tahapan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Jombang. Keduanya sudah dinyatakan memenuhi syarat,” ujar Komisioner KPU Jombang Devisi Teknis dan Penyelenggara, Nuriadi, Minggu (22/9/2024).

Baca Juga: KPU Kota Kediri Tetapkan Dua Paslon Vinanda Prameswati-Gus Qowim dan Ferry Silviana-Regina Nadya

Penetapan kedua paslon dilakukan setelah KPU melakukasanakna tahapan menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat mulai 15 hingga 18 September 2024. Nuriadi menyatakan, selama tahap tersebut, tidak ada laporan apapun dari masyarakat terkait syarat administrasi bakal calon.

“Ada tanggapan masyarakat, namun tidak memenuhi tahapan pencalonan untuk bupati dan wakil bupati Jombang,” jelasnya

Agenda selanjutnya, sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2024, KPU Jombang akan melakukan pengundian nomor urut terhadap Paslon MuRah dan WarSa.

“Untuk pengundiannya dilakukan besok, kami mengundang Paslon untuk pengambilan nomor urut, Paslon wajib hadir, tetapi kalau tidak bisa, maka bisa diwakilkan dengan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Secara teknis, kedua paslon diwajibkan hadir, dan membawa masing-masing 250 orang sebagai pengiring, dan 25 orang sebagai pendamping.

“Masing masing Paslon akan membawa pengiring sejumlah 250 orang yang diluar gedung, yang didalam gedung 25 orang,” kata dia.

Usai pengundian nomor urut, lanjut Nuriadi, ikrar damai kedua paslon juga akan dilakukan besok.

“Agenda selanjutnya nanti akan dilakukan ikrar damai dan penyerahan balpri oleh polres Jombang, dengan acara yang terpisah,” pungkas Nuriadi. (ima/bid) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini