Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau kegiatan pasar murah di halaman pendopo kabupaten Jombang, Minggu (17/9/2023).

Bongkah.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau pasar murah untuk menjaga harga bahan pokok khususnya beras di halaman Pendopo Kabupaten Jombang, Minggu (17/9/2023). Upaya tersebut menyusul kenaikan harga di sejumlah daerah.

Pasar murah ini merupakan operasi stabilitas harga bahan pokok y sekaligus dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Pemprov Jatim. Kegiatan digelar di Pendopo Pemkab Jombang, Minggu (17/9/2023).

ads

“Pada saat ini Pemprov Jatim ongin memberikan stabilitasi terutama harga beras yang naik diatas HET,” ujar Khofifah.

Menurut dia, melonjaknya harga beras disebabkan naiknya harga gabah kering giling (GKG) dan gabah kering panen (GKP) sejak masuk ke tempat penggilingan padi. Kenaikan tersebut membuat end product yang sampai ke masyarakat mengalami kenaikan hingga di atas HET.

“Karena GKP dan GKG sampai di penggilingan sudah sampai HET. Pada saat ini Pemprov  Jatim ingin membangun sinergitas untuk stabilitas bersama terutama harga beras,” jelas dia.

Kenaikan harga beras juga terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, hal itu membuat Jawa Timur turut menyuplai beras seperti di wilayah Sumatera dan Sulawesi Selatan.

“Biasanya Jatim menyuplai 16 provinsi di luar Sulawesi Selatan dan di luar Sumatera. Bahkan saat ini Riau dan Bangka Belitung juga disuplai dari Jatim,” bebernya.

Baca: Harga Bahan Pokok Merangkak Naik, Pemkab Kediri Gandeng Bulog Gencar Operasi Pasar

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini