Desk pilkada Sidoarjo 2024, PKB.
Desk pilkada Sidoarjo 2024, PKB.

bongkah.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) bakal calon kepala daerah (bacakada) Sidoarjo.

UKK tersebut akan dilaksanakan Jumat, 14 Juni 2024 di kantor DPP PKB Jakarta Pusat.

ads

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Sidoarjo Abdillah Nasih mengatakan, bacakada yang masih terdaftar secara online melalui link sicakada.pkb.id sebanyak 6 orang. Yaitu, Subandi, Usman, Achmad Amir Aslichin (Iin), Fandi Utomo, Sugiono Adi Salam, dan Muhammad Shofi. Semuanya diundang oleh DPP PKB untuk mengikuti UKK.

“Pelaksanaan UKK ini adalah proses tahapan DPP PKB mengeluarkan rekomendasi kepada bacakada kalau selama ini beredar kabar bahwa rekom sudah turun kepada bacakada itu info tidak benar,” tegas Nasih.

Nasih menjelaskan, semua Bacabup potensial mendapatkan surat tugas dari DPP PKB.

“Insyaallah semua Calon Bupati potensial dapat surat tugas, dan Insyaallah hari Jumat besok diundang DPP PKB mengikuti tahapan UKK,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Sidoarjo Subandi mengatakan, surat tugas atau rekom merupakan kewenangan dari DPP PKB. Subandi yang juga akan mencalonkan diri sebagai Bacabup Sidoarjo mengaku terus berkomunikasi dengan pimpinan pusat partai. Kendati demikian, soal keputusan ia serahkan sepenuhnya ke DPP PKB.

“Sebagai ketua partai ya tetap komunikasi dan itu juga kan sebagai kepentingan pemerintah daerah, apalagi PKB Sidoarjo sendiri kan mempunyai 16 kursi, tentu keputusan ada di DPP PKB,” ujarnya.

Menurutnya, DPC PKB Sidoarjo mempunyai banyak kader potensial yang akan maju. Karena itu ia merasa tidak ada persoalan terkait siapa saja nanti yang maju dan ditujuk oleh DPP PKB.

“Kita sebagai petugas partai ya boleh-boleh saja, ada Pak Usman (Ketua DPRD Sidoarjo, red), Mas Iin dan lainnya, cuma nanti siapa yang direkom ya kembali lagi ke DPP PKB,” terangnya.

Bilamana surat rekom jatuh pada calon yang lain dan bukan dirinya, Subandi mengaku siap terjun untuk kemenangan.

“Tentunya seperti itu, namanya juga petugas partai, cuma tidak boleh nanti siapa yang mendapatkan rekom, kita akan usung, apakah itu Mas Iin atau Pak Usman, intinya kita memberikan support dan dukungan lah,” katanya.

Pihaknya terus berkomunikasi dengan partai lain, seperti Golkar, Nasdem, Demokrat, PKS dan PPP. Hal tersebut menjadi usaha dirinya untuk mendapatkan rekom dari DPP PKB.

“Iya, Insyaallah namanya juga usaha,” imbuhnya. (yg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini